Jumlah Penyidik KPK Bertambah Jadi 117 Orang

Penulis: M Ilham Ramadhan Avisena Pada: Senin, 15 Apr 2019, 21:15 WIB Politik dan Hukum
Jumlah Penyidik KPK Bertambah Jadi 117 Orang

MI/Rommy
Juru bicara KPK Febri Diansyah

SEBANYAK 21 orang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh unit ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (15/4).

"Pagi ini, 15 April 2019 telah dilakukan penutupan kegiatan pelatihan calon Penyidik KPK oleh Pimpinan KPK," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Senin.

Sebanyak 21 orang yang telah melakukan pendidikan dan pelatihan itu, kata Febri, akan diangkat dan disumpah sebagai penyidik KPK yang baru.

"Mereka akan diangkat dan disumpah sebagai Penyidik KPK pada hari Selasa, 23 April 2019. Dan setelah itu akan secara efektif bertugas untuk memperkuat kelembagaan Penindakan KPK," jelasnya.

Selama masa pendidikan dan pelatihan, calon penyidik baru KPK itu mendapatkan materi yang disesuaikan dengan kompetensi teknis sebagai penyidik. Materi itu yakni, hukum dan tindak pidana korupsi, audit investigasi, forensic, Kemampuan investigasi, e-learning, simulasi dan praktek, pelacakan aset dan pelatihan lapangan.

"Materi pelatihan yang diajarkan sejak 11 Maret - 15 April 2019 ini disesuaikan dengan kebutuhan standar kompetensi teknis sebagai penyidik," imbuh Febri.


Baca juga: Masa Penahanan Bowo Sidik Pangarso Diperpanjang


"Selama sekitar sebulan, mereka mendapatkan pembekalan dan pendalaman materi dari para pakar, baik dari internal KPK ataupun eksternal seperti Bareskrim Polri, Kejaksaan Agung, dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi (PPATK)," sambungnya.

KPK menilai, 21 orang tersebut telah mumpuni untuk menjalankan tugas lebih lanjut. Hal itu dikarenakan 21 orang itu memiliki pengalaman sebagai penyelidik KPK dan menanangani beberapa perkara.

"Ini diharapkan semakin mematangkan kemampuan mereka, terutama hukum acara pidana, hukum terkait tindak pidana korupsi dan encucian uang serta Investigasi dan audit forensik," ujar Febri.

KPK, lanjut Febri, mengharapkan penambahan 21 orang sebagai penyidik dapat memperkuat kerja KPK sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan penambahan itu, KPK akan memiliki 117 penyidik. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More