Senin 15 April 2019, 23:00 WIB

Pemerintah Bersiap Pugar Situs Prasejarah Gunung Padang

(BB/N-3) | Nusantara
Pemerintah Bersiap Pugar Situs Prasejarah Gunung Padang

ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan
Pengunjung berfoto di kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,

 

MASYARAKAT Kecamat-an Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengapresiasi rencana dilakukannya pemugaran situs megalitikum Gunung Padang, di Desa Karyamukti oleh Balai Pelestarian­ Cagar Budaya Banten.
Upaya itu dapat menjawab pertanyaan masyarakat terkait dengan pemeliharaan bangunan­ situs yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

“Saya kira, tahap pemugaran ini merupakan akhir dari semua rencana. Pemugaran ialah kalimat akhir yang dinanti-nantikan masyarakat. Jadi, dari pemugaran akan diketahui apa sebenarnya yang ada di Gunung Padang,” kata Camat Campaka, Muhammad Fatah Rizal, Senin (15/4).

Menurutnya, selama ini, penafsiran masyarakat tentang Gunung Padang berbeda-beda. Sebagian menafsirkan Gunung Padang seperti Candi Borobudur. Setelah nanti pemugaran dimulai, masyarat bisa melihat sendiri peruntukannya.

Sebelumnya, Balai Pelesta rian Cagar Budaya Banten merencanakan pemugaran situs megalitikum Gunung Padang. Menurut rencana akan dilakukan tahun depan, setelah selesai studi teknis yang dilaksanakan Juli tahun ini.

“Kalau sekarang, dari rekomendasi peneliti atau kajian-ka-jian ilmiah yang menguatkan bahwa itu (Gunung Padang) layak dipugar. Saya kira masyarakat, bahkan warga dunia menginginkan hal itu sampai pemugaran,” jelas Rizal.

Situs megalitikum Gunung Padang menjadi buah bibir karena menjadi bidikan para peneliti arkeologi. Para peneliti sempat melakukan ekskavasi (penggalian). “Ekskavasi itu kan merupakan upaya pemerintah untuk meneliti bangunan (situs megalitikum). Kita apresiasi karena merupakan penelitian awal,” terangnya.

Rizal berharap, tahapan pemugaran situs Gunung Padang bisa dituntaskan secara menyeluruh. Artinya, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten tidak setengah-setengah melakukan pemugaran sehingga tidak kembali menimbulkan teka-teki di masyarakat.

“Pemugaran ini untuk menja-wab rasa penasaran masyarakat mengenai bangunan yang disebut-sebut peninggalan prasejarah. Apalagi disebutkan, situs Gunung Padang ini memang sudah layak dipugar,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pemerintah pusat, Pemprov Jabar, maupun Pemkab Cianjur sudah secara total membangun berbagai fasilitas untuk mendukung pengembangan fasilitas akses menuju situs Gunung Padang.

Berbagai upaya itu dilakukan agar nanti, ketika sudah betul-betul diketahui secara pasti bangunan Gunung Padang yang sebenarnya, bisa menjadi destinasi wisata.

“Karena itu, pemugaran ini harus betul-betul tuntas. Jangan sampai dana besar yang sudah dikeluarkan pemerintah membangun akses fasilitas ke Gunung Padang jadi sia-sia,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, Mimi Lumbiantari, mengatakan saat ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten sedang mempersiapkan dilakukannya studi teknis sebelum memasuki rencana tahap pemugaran.

Dari hasil studi kelayakan pada Desember 2018, kata Mimi, Gunung Padang layak dipugar. “Sebelum pemugaran, harus ada studi teknis. Studi teknis dengan menghimpun masukan dari masyarakat dan stakeholders.” (BB/N-3)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Indonesia Butuh Lab Mampu Periksa Sampel Uji Usap

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:21 WIB
Politisi Partai NasDem Enggartiasto Lukita mengatakan, untuk menangani sebaran covid-19, Indonesia memerlukan lebih banyak lagi...
MI/Dwi Apriani

Santan Beku Sumut Mulai Dikapalkan ke Thailand

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:45 WIB
Sumatra Utara memulai pengiriman santan beku di Thailand dengan nilai ekspor mencapai Rp2 miliar. Ini pertama kali ekspor kelapa dalam...
ANTARA/Aswaddy Hamid

9.971 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:37 WIB
"Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya