Barca Waspadai Kebangkitan Setan Merah

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 01:30 WIB Sepak Bola
Barca Waspadai Kebangkitan Setan Merah

ANDER GILLENEA / AFP
Pemain Barcelona meninggalkan lapangan setelah pertandingan sepak bola liga Spanyol antara SD Huesca dan FC Barcelona di stadion El Alcoraz

MISI berat harus dilakoni Manchester United pada leg II perempat final Liga Champions, dini hari nanti. Betapa tidak?

Mereka harus bisa mengalahkan raksasa Catalan, Barcelona, di kandangnya sendiri, Camp Nou, dengan skor setidaknya 2-0 untuk bisa lolos ke semifinal. Tidak mudah memang, bahkan sepertinya mustahil.

Kekalahan 0-1 di Old Trafford pada leg I, pekan lalu, memaksa 'Setan Merah' harus melalui jalan terjal tersebut. Meski begitu, para punggawa tetap menyimpan asa.

Kesuksesan mereka membalikkan keadaan saat menyingkirkan raksasa Prancis Paris Saint-Germain pada babak 16 besar lalu membuktikan bahwa keajaiban kadang lekat dengan mereka.

"Kami punya kualitas pemain yang dapat memberi ancaman. Tentu saja kami bisa mencetak gol. Apa yang kami lakukan saat melawan PSG seharusnya memberi kami kepercayaan diri karena pengalaman tersebut ialah yang terbaik selama beberapa tahun," cetus arsitek MU, Ole Gunnar Solskjaer.

"Kami harus berani bermimpi untuk kembali meraih hasil bagus di Camp Nou," ujar Solskjaer lagi.

Senada, striker MU, Romelu Lukaku, pun menyebut tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Mereka hanya perlu lebih berani saat menghadapi Barca di Camp Nou.

"Tentu saja Barca bukan PSG, mereka lebih berpengalaman. Kami hanya perlu lebih berani dan percaya diri. Terkadang Barcelona meninggalkan ruang yang bisa Anda manfaatkan," kata bomber asal Belgia itu.  

Di sisi lain, Barca juga tidak berani menganggap enteng lawan. Sejumlah keajaiban yang pernah dilakukan MU membuktikan bahwa Paul Pogba dan kawan-kawan tetap menjadi lawan yang berbahaya.

"Kami tidak boleh mengabaikan kemungkinan mereka untuk bangkit. Manchester United tercatat sudah beberapa kali melakukan itu. Terakhir saat mereka menyingkirkan PSG. Jadi, kami harus menganggap laga nanti seperti awal lagi," tegas gelandang Barca, Sergio Busquets.

"Kami tahu persaingan masih ketat. Situasi kami belum aman karena hanya memiliki selisih satu gol dengan mereka (Man United) dan ada pertandingan kedua yang akan datang. Kami tahu mereka bisa bereaksi jauh dari rumah dan mereka bermain bagus melawan PSG,” kata arsitek Barca, Ernesto Valverde.

Sudah bugar
Dalam laga nanti, Valverde dipastikan sudah bisa kembali menurunkan para pemain kuncinya. Lionel Messi dan Luiz Suarez yang disimpan saat mereka menghadapi tim juru kunci La Liga SD Huesca, Sabtu (13/4), dipastkan bakal kembali menjadi tumpuan Los Cules di lini depan. Mereka akan dibantu Philippe Coutinho.

Demikian pula lini tengah, Ivan Rakitic dan Sergio Busquets bakal kembali menjadi jantung permainan Blaugrana. Adapun di lini belakang, Gerard Pique akan ditemani Jordi Alba, Nelson Semedo, dan Clement Lenglet.

Sebaliknya, tim tamu akan mengandalkan trio Marcus Rashford, Romelu Lukaku, dan Anthony Martial sebagai juru gedor. Ketiganya akan ditopang Paul Pogba dari lini tengah.

"Persaingan belum selesai. Peluang kami belum tertutup. Saya tahu ini Barcelona dan kami akan bermain di kandang mereka, tapi peluangnya tak pernah tertutup. Masih 90 menit. Kami sudah lupa dengan laga pertama. Kami hanya fokus menatap laga kedua," tegas Pogba. (UEFA/AFP/R-2)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More