Sawahlunto Diusulkan sebagai Warisan Dunia

Penulis: Sri Utami Pada: Senin, 15 Apr 2019, 16:15 WIB Humaniora
Sawahlunto Diusulkan sebagai Warisan Dunia

Ist
Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Peringatan Hari Warisan Dunia setiap 18 April menjadi momentum penting bagi pemerintah untuk memastikan berbagai sumber daya alam Tanah Air masuk dalam warisan dunia dan dijaga secara serius.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadjamuddin Ramly menuturkan salah satu yang akan diusulkan yakni kota wisata multietnik Sawahlunto di Sumatra Barat.

"Kami sedang lakukan lobi dan negosiasi untuk mengusulkan Sawahlunto jadi warisan dunia," ujarnya.

Menurutnya, banyak kawasan di Indonesia yang bisa masuk dalam warisan dunia namun masih menemui beberapa kendala. Salah satunya, perambahan hutan serta tidak ada jaminan atau anggaran untuk pemilik lahan.

"Ini banyak diusulkan oleh pemerintah daerah dan seharusnya ada anggaran daerah yang diperuntukan memberikan jaminan pada warga pemilik lahan," cetusnya.

Baca juga: Peringatan Hari Warisan Dunia Dilaksanakan di Bali

Selain itu, banyaknya perambahan termasuk hutan dan pembangunan di kawasan warisan dunia tidak ditindaklanjuti dengan sanksi serius. Sehingga banyak yang berada pada tahap bahaya atau merah.

"Seperti ada helipad di Tabanan, di tengah sawah, jika itu tidak segera ditutup tahapannya dalam bahaya (daftar merah). Yang sudah ada di tahap merah seperti Bukit Barisan, Leuser. Kami berusaha hapus daftar merah itu tapi tidak bisa," cetusnya.

Dia meminta pemerintah Kabupaten Tabanan Bali untuk mengembalikan keaslian areal persawahan secepatnya. Pembangunan helipad di antara persawahan merupakan kesalahan total.

"Kami memohon kesadaran dari Bupati Tabanan untuk mengubah kembali menjadi persawahan, karena itu sudah merusak keaslian dari bentuk sawah," terangnya.

Selanjutnya, pemerintanh recananya akan bertemu dengan 20 negara Komite Warisan Dunia untuk mengusulkan Sawahlunto sebagai warisan dunia.

"Kita sebagai negara anggota Komite Warisan Dunia juga. Jadi kami bekerja sama dengan Kemenlu untuk bertemu dengan 20 negara komite dan melakukan lobi mengusulkan Sawahlunto jadi warisan dunia," tandasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More