Senin 15 April 2019, 15:38 WIB

Puluhan Kotak Suara di Cianjur Rusak Terkena Hujan

Benny Bastiandy | Politik dan Hukum
Puluhan Kotak Suara di Cianjur Rusak Terkena Hujan

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah petugas PPK serta aparat TNI dan Polri menunjukkan kotak suara yang rusak

 

PULUHAN kotak suara Pemilu 2019 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak akibat kondisi cuaca ekstrem dalam proses pendistribusian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sedang mendata ulang volume kotak suara yang rusak untuk menggantinya.

"Kerusakan kotak suara ada tapi bisa tertanggulangi. Jumlahnya di bawah 50 buah. Ada di Kecamatan Bojongpicung dan Haurwangi," kata Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, Senin (15/4).

Hilman memaparkan rusaknya kotak suara saat barang tersebut siap dimasukkan ke angkutan armada distribusi. Saat itu turun hujan deras sehingga sebagian kotak suara tidak bisa diselamatkan. "Kalau untuk surat suara tidak ada masalah karena sudah betul-betul terproteksi," jelas Hilman.

Secara teknis, lanjut dia pendistribusian logistik cukup rumit. Bukan hanya dihadapkan pada faktor kondisi cuaca ekstrem, tapi juga penggantian surat suara yang rusak dan kurang kirim.

"Tapi untuk kekurangan (surat suara) sudah terselesaikan semalam. Cuaca ekstrem dua hari ini sudah jelas sangat berpengaruh. Ini jadi hambatan kami di lapangan. Kondisi ini cukup berdampak terhadap jadwal distribusi yang molor," bebernya.

Baca juga: KPU Segera Ganti Kotak Suara Rusak

Terlambatnya pengiriman distribusi logistik di Kabupaten Cianjur terjadi di Dapil 1, 2 dan 3. Kondisi cuaca ekstrem berdampak terhadap proses muat dari gudang ke armada pengangkut logistik.

"Kalau diteruskan bisa berpotensi terhadap kerentanan (rusak) terhadap logistik yang akan dikirim itu," tuturnya.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pengganti yang rusak dan kurang kirim ditargetkan bisa selesai dalam waktu satu hari karena jumlahnya relatif sedikit. Sehingga, KPU Kabupaten Cianjur menargetkan distribusi logistik ke sejumlah kecamatan di wilayah kota dan utara bisa diselesaikan hari ini.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, mengatakan sudah menerima laporan kerusakan kotak suara di Kecamatan Haurwangi dan Bojongpicung. Di Kecamatan Bojongpicung dilaporkan terdapat 12 buah kotak suara. Sedangkan di Kecamatan Haurwangi jumlahnya masih dihitung. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/M Soleh

Soal Djoko Tjandra, Komisi III akan Panggil Imigrasi dan Polri

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:26 WIB
Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto mempertanyakan alasan l National Central Bureau (NCB) Interpol mencabut status buronan terpidana...
Ilustrasi

Kemensos-BNN Kerjasama Cegah dan Tangani Narkoba

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:51 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, nota kesepahaman ini menjadi landasan kerja sama dalam menyamakan persepsi dan cara bertindak...
MI/Adi Kristiadi

Geledah Pendopo Walikota Banjar, KPK Usut Korupsi Infrastruktur

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:03 WIB
Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK saat ini sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti. Penyidik memeriksa saksi dan melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya