Pemkab Jepara Dukung Penuh Usulan Pahlawan Ratu Kalinyamat

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Senin, 15 Apr 2019, 15:10 WIB Humaniora
Pemkab Jepara Dukung Penuh Usulan Pahlawan Ratu Kalinyamat

MI/Dhika Kusuma Winata
Sekda Pemkab Jepara Sholih

PEMERINTAH Kabupaten Jepara menyambut baik usulan Ratu Kalinyamat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Sekretaris Daerah Pemkab Jepara Sholih menegaskan pihaknya mendukung penuh pengusulan tersebut.

"Kami sudah dua kali bersama masyarakat mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat. Namun belum memenuhi kelengkapan. Mudah-mudahan pengusulan kali ini lebih siap dengan didukung dokumen primer," kata Sholih di Jakarta, Senin (15/4).

Hal itu disampaikannya seusai diskusi kelompok terarah Menghidupkan Kembali Gagasan Menjadikan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional yang digelar Research Center Media Group.

Baca juga: Tim Pengkaji Ratu Kalinyamat Berburu Referensi

Sholih menegaskan sosok Adipati Jepara pada abad ke-16 itu bukan mitos belaka. Salah satunya peninggalan Masjid Mantingan yang berdiri di masa Ratu Kalinyamat memimpin Jepara.

"Di area Masjid Mantingan itu sendiri ada makam Ratu Kalinyamat. Di situ beliau dikebumikan," imbuh Sholih.

Menurutnya, secara simbolik kehadiran Ratu Kalinyamat di tengah masyarakat melalui beragam bentuk yang bisa menjadi bukti pendukung sosok Ratu Kalinyamat. Antara lain nama-nama tempat di Jepara yang menggunakan nama sang ratu. Seperti nama sungai, nama jalan dan kecamatan.

Proses pengajuan kembali tersebut digagas Yayasan Dharma Bakti Lestari. Hingga kini, naskah akademik pengusulan dengan melibatkan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia masih terus disiapkan dan disempurnakan.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More