Bakteri Pemakan Minyak

Penulis: Media Indonesia Pada: Senin, 15 Apr 2019, 07:30 WIB Humaniora
Bakteri Pemakan Minyak

MI/Duta
Ilutrasi MI

DI bagian terdalam Palung Mariana, para ilmuwan menemukan bakteri pemakan minyak­ yang terbilang unik.

Jenis bakteri serupa sebelumnya digunakan untuk membantu penanganan tumpahan minyak dari bencana Deepwater Horizon di Samudra Pasifik. Palung Mariana disebut bagian terdalam lautan dunia dengan kedalam­an maksimum hingga 11.000 meter.

Kedalaman palung membuat biaya ekspedisi untuk penelitian organisme menjadi mahal. “Tim peneliti kami turun mengumpulkan sampel populasi mikroba di bagian terdalam palung, dan berhasil mengidentifikasi kelompok baru bakteri pendegradasi hidrokarbon, yakni senyawa organik yang banyak ditemukan di minyak mentah dan gas alam,” ujar Jonathan Todd, anggota tim peneliti dari Sekolah Ilmu Biologi Universitas East Anglia, Inggris. (Independent/Tes/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More