Peningkatan IPM sejak Kehamilan

Penulis: (Ant/H-2) Pada: Senin, 15 Apr 2019, 06:00 WIB Humaniora
Peningkatan IPM sejak Kehamilan

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) melambaikan tangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada acara Penyaluran Bantuan

PEMERINTAH menargetkan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia naik menjadi 71,98 pada tahun ini. Intervensi dilakukan melalui berbagai program, termasuk bantuan sosial (bansos) yang juga menyasar ibu hamil.

“Komplementaritas bansos PKH (Program keluarga Harapan) dengan bansos dan program subsidi lainnya berdampak signifikan dalam percepatan penanganan kemiskinan di Indonesia dan peningkatan IPM,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, pada sosialisasi PKH di Bandung Barat, Jawa Barat, pekan lalu.

Ia menjelaskan, pemerintah telah memutuskan menaikkan anggaran bansos PKH (Program keluarga Harapan) menjadi Rp34 triliun tahun ini. Langkah itu diikuti kenaikan indeks bansos, seperti bantuan ibu hamil dan anak balita masing-masing senilai Rp2,4 juta. “Bantuan bagi ibu hamil dan balita tersebut merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan IPM,” imbuh Mensos.

Ia menambahkan, PKH menjaga tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sebab ibu hamil penerima bantuan PKH wajib melakukan pemeriksaan kehamilan berkala di fasilitas kesehatan. (Ant/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More