Santri Se-DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten Kritik Khotbah Hoaks

Penulis: Melalusa Susthira K Pada: Sabtu, 13 Apr 2019, 13:45 WIB Politik dan Hukum
Santri Se-DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten Kritik Khotbah Hoaks

Ilustrasi
Hoaks

KHOTBAH dalam rumah ibadah yang kerap berisi materi provokasi, fitnah, dan hoaks dianggap sudah meresahkan. Untuk itu, sejumlah santri yang tergabung dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) Se-DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, berkumpul untuk mengkritisinya.

Ketua Penasehat FMPP Asnawi Ridwan sengaja mengangkat tema khotbah provokatif karena merupakan isu aktual yang kerap ditemui jelang pemilu.

"FMPP itu membahas soal-soal teraktual, permasalah-permasalahan yang kekinian di antaranya adalah tentang khotbah yang penuh provokasi. Muatannya provokatif, berisi hoaks dan fitnah," ujar Asnawi yang ditemui di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4).

Asnawi menegaskan khotbah provokatif yang berisikan fitnah dan hoaks tidak hanya menyalahgunakan fungsi rumah ibadah, tetapi juga dapat membawa masyarakat ke dalam perpecahan.

"Memang saat ini hal tersebut betul-betul terjadi. Banyak masjid yang seharusnya digunakan untuk menebarkan Islam Rahmatan lil Alamin, tapi sekarang beralih fungsi, justru menjadi pusat dan menjadi perpecahan masyarakat, karena adanya khotib ataupun ceramah yang isinya provokasi, fitnah dan hoaks," terang Asnawi.

Baca juga: Rizieq Shihab Ajak Pakai Mimbar Khotbah untuk Dukung Prabowo-Sandiaga

Asnawi menilai, khotbah bermuatan provokatif, fitnah dan hoaks dalam rumah ibadah harus segera dihentikan, karena dapat membudaya dalam kontestasi pemilu selanjutnya. Untuk itulah, sejumlah santri berkumpul dalam acara ini untuk mengambil sikap tegas menghentikannya.

"Saya kira problem masalah khotbah yang penuh provokasi itu akan terus berlanjut sampai setelah pemilu, pilpres dan pileg ini. Berlanjut ke pilkada dan seterusnya. Hal ini harus secepatnya dihentikan," pungkas Asnawi.

Forum musyawarah pondok pesantren se-DKI, Jawa Barat dan Banten merupakan kegiatan rutin setiap enam bulan sekali yang dihadiri oleh delegasi dari delapan puluh pesantren dari tiga provinsi besar tersebut.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More