Sabtu 13 April 2019, 08:50 WIB

Gelora Jokowi dari Stadion GBK Jakarta

Dede Susianti | Politik dan Hukum
Gelora Jokowi dari Stadion GBK Jakarta

MI/RAMDANI
Pekerja mempersiapkan panggung dan berbagai perlengkapan jelang Konser Putih Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno

 

MASSA pendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipastikan akan membeludak di Ibu Kota untuk menghadiri kampanye akbar yang berpusat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, hari ini. Massa tidak hanya berasal dari Jabodetabek, tetapi juga datang dari berbagai daerah, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Sumatra.

Bahkan, menurut panitia penyelenggara, kerumunan massa tidak hanya terpusat di kawasan GBK, tetapi juga rangkaiannya menyambung menyusuri Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin hingga Monas. "Massa yang memenuhi Jalan Sudirman, Thamrin, sampai Monas akan dikoordinasi oleh 10 parpol pendukung paslon 01," jelas Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, kemarin.

Puncak kampanye akbar Jokowi-Amin mengusung konsep konser bertajuk Putih Bersatu. Konser akan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB. "Seluruh representasi dari daerah, suku, agama, status sosial, lapisan masyarakat bisa hadir bergembira riang menyatukan diri dalam kepemimpinan bersama Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin," ujar Hasto.

Baca Juga: Rakyat Jangan Goyah karena Fitnah

Semua elemen masyarakat itu akan tampil dengan penuh sukacita bersama sekitar 500 artis pendukung Jokowi-Amin yang meramaikan konser. Mereka antara lain Abdee Slank, Addie MS, Bimbo, Glen Fredly, Yuni Sara, Olla Ramlan, Arie Kriting, dan Krisdayanti. "Pokoknya massa akan membeludak. Dari parpol saja minimal 400 ribu yang hadir. Itu minimal, ya," sebut Hasto.

Acaranya, imbuhnya, tidak hanya digelar di dalam stadion utama. Panggung-panggung hiburan dan kebudayaan juga akan disediakan di sekitar stadion utama. Ada juga area yang menjadi pusat wisata kuliner. "Prinsipnya kami ingin menjadikan seluruh GBK sebagai ruang kampanye, sebagai ruang ekspresi dalam menutup kampanye di 13 April tersebut."

Antusiasme relawan

Dozer dan Rumah Kerja akan mengirimkan sekitar 12 ribu relawan dan simpatisan ke GBK untuk memeriahkan Konser Putih Bersatu. Dozer merupakan kelompok relawan pendukung 01 yang selama ini aktif melakukan gerakan ketuk pintu rumah warga atau door to door di tujuh wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi.

Koordinator relawan Tim Dozer Jawa Barat dan Rumah Kerja Relawan Jokowi-Amin, Hanief Mochammad, menyampaikan permohonan maaf kepada warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Dia menyebut sebanyak 200 armada bus akan membawa relawan Dozer menghadiri konser di GBK. "Minta maaf bila iring-iringan bus mengganggu warga Ibu Kota," tukasnya.

Sementara itu, sekitar 1.000 relawan dari Kota Bandung dan Kabupaten Garut dipastikan akan menghadiri kampanye akbar di GBK. Mereka terdiri atas sejumlah komunitas relawan, seperti Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi), Sahabat Pertiwi, dan Seniman Jabar Ngahiji.

Aktivis Pertiwi Jawa Barat, Diah Puspitasari Momon, mengatakan seribuan relawan itu akan berangkat bersama-sama dengan menggunakan 16 bus. (BY/Mal/P-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More