Menikmati Hidup Walau dengan Diabetes

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Senin, 15 Apr 2019, 08:30 WIB Humaniora
Menikmati Hidup Walau dengan Diabetes

Dok. Diabetasol
Seorang pria mengonsumsi susu diabetasol

HINGGA saat ini, penyakit diabetes mellitus belum bisa disembuhkan. Akan tetapi, dengan pengelolaan yang baik, penyandang diabetes bisa tetap hidup berkualitas dan produktif. Salah satu faktor penting dalam pengelolaan diabetes untuk bisa menjalani hidup dengan nyaman, yaitu mengatur pola makan.

dr. Ervina Hasti Widyandini, Head of Medical Nutrition for Special Needs Kalbe Nutritionals, menjelaskan pada penyandang diabetes kadar gula darah harus selalu diperhatikan. Bila  kadarnya meningkat dan tidak dikendalikan dapat membahayakan kondisi kesehatan dan bila tidak diatasi dapat makin parah.

Untuk membantu mengontrol kadar guladarahnya, penyandang diabetes juga harus mengatur pola hidup sehat dengan teratur berolahraga  3-5x seminggu dengan durasi 30-60 menit persesinya, dan tetap melakukan aktivitas fisik secara aktif.

Diabetes yang lebih cepat ditangani lebih baik untuk mencegah komplikasi jangka waktu yang pendek dan panjang. Beberapa  komplikasi jangka panjang yang dapat dialami penyandang diabetes tipe 2 meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung, dan stroke, penyakit ginjal maupun mata.

Meskipun tidak dapat disembuhkan, para penyandang diabetes masih bisa menikmati pola makan seperti biasa dengan batasan-batasan tertentu.

Bagi penyandang diabetes, direkomendasikan mengonsumsi 3x makan besar dan 3x selingan di antara jam makan besar, dengan jumlah kalori hariannya yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan harian per individu, jangan sampai berlebihan.

"Sebaiknya pilih jenis karbo dengan indeks glikemik rendah dan tinggi serat. Seperti beras merah, sayur dan sebagian besar buah," papar dr. Ervina.

Untuk mempermudah penghitungan total asupan kalori harian, juga bisa dibantu dengan nutrisi makanan pengganti khusus diabetes yang sudah terukur total kalorinya, memiliki indeks glikemiks rendah serta tinggi serat.

Produk nutrisi
Kalbe Nutritionals pun menghadirkan Diabetasol, rangkaian produk nutrisi khusus diabetesi.  Diformulasikan sebagai sumber asupan nutrisi lengkap dan seimbang, Diabetasol mengandung Vitadigest dan Indeks Glikemik Rendah yang senantiasa membantu menstabilkan kadar gula darah dan membuat kenyang lebih  lama. Tersedia dalam produk susu, sereal, snack bar, dan sweetener (pemanis).

Pada Diabetasol Calorie Sweetener, pengganti gula tanpa kalori dengan kandungan sukralosa ini punya tingkat kemanisan 600 kali jika dibandingkan dengan gula tebu (gula pasir).

Stabil pada suhu panas dan dingin, pemanis tanpa kalori ini dapat juga digunakan untuk memasak dan membuat kue sehingga aman untuk diabetes dan orang yang peduli terhadap kesehatan.

Konsumsi Diabetasol 2x sehari, pagi dan malam hari. Serta lengkapi dengan Diabetasol Sweetener sebagai pengganti gula diabetes dan snack Diabetasol lainnya untuk bantu jaga kadar gula darah dan kenyang lebih lama.  (Try/S2-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More