Kamis 11 April 2019, 11:00 WIB

Perundungan di Pontianak, Menko PMK: Perlindungan Anak Dikuatkan

Indriyani Astuti | Humaniora
Perundungan di Pontianak, Menko PMK: Perlindungan Anak Dikuatkan

ANTARA
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani

 

KEMENTERIAN Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) turut memantau kasus perundungan yang menimpa korban remaja perempuan berusia 14 tahun di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kemenko PMK prihatin terhadap kejadian perundungan yang dilakukan pelajar di Pontianak dan mengharapkan kasus serupa tidak terjadi lagi di kalangan pelajar," ujar Menko PMK Puan Maharani yang disampaikan melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (11/4).

Ia meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) agar dapat lebih meningkatkan optimalisasi perlindungan anak, khususnya di kalangan pelajar SD, SMP dan SMA.

Menko PMK akan terus memantau setelah mendapatkan laporan terkini penanganan kasus perundungan yang dipantik oleh masalah asmara kalangan remaja itu.

Baca juga: Presiden Jokowi Prihatin atas Kasus Perundungan di Pontianak

Tim yang dibentuk Wali Kota Pontianak, menurutnya, masih berkoordinasi dengan Polresta Pontianak untuk menyelidiki motif terjadinya kekerasan, termasuk ditemukannya rekam jejak di media sosial berupa percakapan antara korban dan terduga pelaku.

Sejauh ini, tindak lanjut penanganan kasus yang sudah dilakukan antara lain Kasat Reskrim dan Kanit PPA Polresta Pontianak sedang menindaklanjuti kasus dengan meminta hasil visum dan rekam medis korban.

Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kalimantan Barat juga telah menindaklanjuti kasus itu sehingga dapat diselesaikan secara damai.

Wali Kota Pontianak, ujar Menko PMK, telah mengunjungi korban di RS dan menginstruksikan Dinas Pendidikan untuk mencegah kejadian terulang kembali kasus seperti ini.

Dinas PPPA dan Unit P2TP2A telah melakukan pendampingan terhadap korban. Kementerian PPPA telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Rencananya Sabtu (13/4) Menko PMK akan datang berkunjung ke Kalbar.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Iluni UI: UI Watch bukan Sikap Resmi Kami

👤 Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 08:12 WIB
Dari sisi organisasi, tujuan, maupun kegiatan, UI Watch tidak terkait secara struktur dan bukanlah sikap resmi dari Iluni...
MI/SUMARYANTO

Pelibatan Ormas Islam dalam Sertifikasi Halal Untungkan UMKM

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Juli 2020, 07:51 WIB
Pendelegasian kewenangan kepada ormas-ormas Islam berbadan hukum diharapkan proses sertifikasi halal bisa lebih efisien baik dari segi...
MI/RENDY FERDIANSYAH

Halangi Penyidikan Tambang Ilegal, Kepala Desa Jadi Tersangka

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Juli 2020, 07:45 WIB
Saat petugas akan melakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa 3 alat berat Excavator (PC), kepala desa itu bersama puluhan warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya