Kamis 11 April 2019, 08:00 WIB

Pentingnya Peduli Pada Sesama

Haufan Hasyim Salengke | Advertorial
Pentingnya Peduli Pada Sesama

Metro TV
Provocative Mindset

KODRAT manusia ialah mahluk sosial. Artinya, manusia butuh berinteraksi, bersosialisasi, atau berhubungan timbal balik dengan manusia-manusia lain.

Perlu dicatat, ketika berinteraksi dengan manusia lain berarti kita harus mengimbangi perasaan dan kenyamanan manusia lain pula.

Jika kita abaikan kesadaran itu, tidak akan terjadi harmonisasi sesama manusia. Orang yang tidak peduli perasaan dan kenyamanan manusia lain, tidak akan ada manusia yang mau dekat-dekat dengan dia. Bahkan, dapat menimbulkan reaksi keras karena perasaan dan kenyamanan mereka terganggu.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari, jika Anda tidak peduli kebersihan tubuh akan mengeluarkan aroma tak sedap. Di kasus ini, Anda tidak akan menimbulkan reaksi keras manusia lain, tetapi manusia lain akan menghindar karena tidak tahan dan tidak mau terganggu dengan bau itu.

Ketika memakai toilet umum, semua kita patut menjaga kebersihan agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna lain.

Poin pentingnya, semakin pandai bersosialisasi dengan manusia lain, semakin banyak teman Anda. Tahukah Anda bahwa teman atau sahabat merupakan jaringan yang bermanfaat ketika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan atau masukan. (S-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More