Rabu 10 April 2019, 18:42 WIB

Jalan Tol Pandaan-Malang Segera Diresmikan

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Jalan Tol Pandaan-Malang Segera Diresmikan

Dok. Kementerian PUPR
Gambar udara yang memperlihatkan gerbang tol Pandaan dari ruas tol Pandaan-Malang

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuk Hadimuljono memastikan ruas tol Pandaan-Malang akan segera dioperasikan dalam waktu dekat.

Hal itu ditegaskannya saat meninjau kesiapan ruas tol tersebut usai mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Pasuruan-Probolinggo, Rabu (10/4)

"Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 km Jalan Tol Pandaan-Malang, sudah ada 30 km yang siap beroperasi. Ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian, mudah-mudahan satu hari ini selesai. Besok ada tim penilai sertifikasi laik fungsi. Sebelumnya, minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi," ujar Basuki melalui keterangan resmi, Rabu (10/4).

Sebagaimana usulan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, diharapkan Tol Pandaan-Malang dapat diresmikan pada 12 April mendatang yang juga bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malang.

"Tapi akan kita lihat lagi perkembangannya," tutur Basuki.

Baca juga : Tol Paspro akan Beri Banyak Manfaat bagi Masyarakat

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi. Seksi I Pandaan-Purwodadi terbentang sepanjang 15 km, seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7 km, seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4 km dan seksi V Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Penyelesaian seksi IV dan V sepanjang 8 km masih dikoordinasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur karena ditemukan situs purbakala.

"Kami harus geser dulu trase jalannya," jelas Basuki.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilaksanakan PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan nilai investasi sebesar Rp5,9 triliun.

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki lokasi wisata.

Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan adanya tol, waktu tempuh bisa dipangkas hingga hanya satu jam. (OL-8)

Baca Juga

Ilustrasi

IHSG Menguat di Penutupan Saham Pekan Ini

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:27 WIB
IHSG berhasil ditutup menguat 0,79% pada penutupan IHSG akhir pekan ini, Jumat (29/5). Tercatat saham berada di zona hijau 0,79% atau 37...
MI/Adam Dwi

Pinjaman Bunga Ringan Kurangi Beban Driver Ojol saat Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:03 WIB
Selain persyaratan pengajuan pinjaman yang mudah, dia mengungkapkan bahwa proses pencairannya pun...
DOK IDM

Evaluasi, Reformasi, Transformasi BUMN Lokomotif Pascapandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:44 WIB
Erick menilai dalam penanganan covid-19 saat ini BUMN telah banyak melakukan upaya membantu pemerintah menangani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya