Rabu 10 April 2019, 18:35 WIB

Tol Paspro akan Beri Banyak Manfaat bagi Masyarakat

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Tol Paspro akan Beri Banyak Manfaat bagi Masyarakat

Dok. Kementerian PUPR
Peresmian ruas tol Pasuruan-Probolinggo oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (10/4)

 

PRESIDEN  Joko Widodo, Rabu (10/4), meresmikan ruas Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi I, II dan III dengam total panjang 31,3 kilometer (km).

Ruas baru itu pun akan dapat digunakan untuk keperluan arus mudik Lebaran tahun ini sehingga diyakini mampu mendistribusi volume kendaraan secara lebih baik dan tingkat kemacetan pun akan berkurang.

Jokowi berharap ke depannya, mobilitas orang dan barang di Jawa akan semakin efektif dan efisien sehingga mampu memberikan manfaat terutama bagi masyarakat di daerah-daerah yang dilintasi Trans Jawa.

Dengan diresmikannya Paspro seksi I-III, total jalan Tol Trans Jawa yang sudah terhubung menjadi 962 km, mulai dari Merak hingga Probolinggo.

"Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi itu sekitar 1.148 km, berarti masih kurang 186 km lagi. Insya Allah tembus 2021," ucap Jokowi sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memprediksi, dengan diresmikannya ruas tol tersebut, kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan-Probolingga akan berkurang sekitar 50%.

Baca juga : Tol Trans-Jawa Hidupkan Usaha Rakyat

"Kita membutuhkan tambahan 13,7 km lagi untuk melanjutkan seksi IV dari Probolinggo Timur sampai Gending, ini akan sangat membantu akses ke kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru, yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," ucapnya.

Selain mendukung akses wisata, Khofifah mengatakan Tol Paspro akan memperlancar akses untuk kegiatan bongkar muat logistik di Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo.

"Jika tol Paspro beroperasi dan didukung juga Tol Pandaan-Pakis yang sudah siap beroperasi maka akan membuka peluang untuk bongkar muat dari Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo Pasuruan, dan Malang, sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur akan mengalami percepatan yang luar biasa," katanya.

Untuk kelanjutan seksi IV Tol Paspro, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan saat ini masih dalam tahap menunggu pengajuan prakarsa dari Badan Usaha yakni PT Waskita Karya.

"Untuk desain jaringan sudah kita tetapkan dari kilometer 31 lanjut sampai ke kilometer 45. Saya harap bisa dikerjakan secara paralel dengan ruas Probolinggo-Banyuwangi yang akan dikerjakan oleh Jasa Marga," tuturnya.

Tol Paspro terdiri dari empat seksi dengan total panjang 45 km dan nilai investasi sebesar Rp 4,8 triliun untuk tiga seksi awal. Adapun, hak konsesi yang didapat ialah 45 tahun. (OL-8)

 

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Sembawa Jadi Penyangga Pangan Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 15:15 WIB
Ketut menerangkan, jumlah kelompok yang telah dibina dan diberikan hibah unggas lokal di Provinsi Kalimantan Tengah adalah 50 kelompok...
DOK KEMENTAN

Benih Inpara 2 Jadi Primadona Produksi Padi di Lahan Rawa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 13:15 WIB
Apapun cara yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian, akan ditempuh demi menjaga ketahan pangan terlebih di masa pandemi Covid-19...
Dok: biro setpres

Jokowi Yakin Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi di 2045

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 12:40 WIB
Meski sudah memasuki status ekonomi menengah ke atas, Presiden meminta Indonesia harus selalu berbenah agar tidak terjebak dalam status...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya