Rabu 10 April 2019, 02:30 WIB

Zohri Siap Berlaga di Kejuaraan Asia

(Opn) | Olahraga
Zohri Siap Berlaga di Kejuaraan Asia

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Lalu Muhamad Zohri

SPRINTER muda andalan Indonesia Lalu Muhamad Zohri  mengintensifkan latihan untuk menghadapi Kejuaran Atletik Asia 2019 di Khalifa, Stadium, Doha, Qatar, yang digelar pada 21-24 April mendatang.

Sebelumnya Zohri sempat  mengurangi porsi waktu ­latihannya bersamaan dengan dirinya harus mengikuti  ujian nasional (UN).

“Pada Senin (8/4), Zohri menyelesaian UN. Sekarang Zohri sudah mulai intensif lagi latihannya,” terang pelatih lari jarak pendek pelatnas PB Pasi Eni Nuraini di Jakarta, Selasa (9/4)

Juara dunia atletik junior 2018 tersebut telah kembali mengikuti latihan lari dua kali dalam sehari.

Untuk meningkatkan performanya dalam menghadapi Kejuaran Atletik Asisa, Zohri mendapat latihan khusus. “Nanti ada lari di kolam renang juga, sehingga menambah kekuatan Zohri,” tandas Eni.

Pada Kejuaraan Atletik Asia di Doha, Zohri akan turun untuk dua nomor. Selain nomor spesialisnya lari 100 meter putra, dia juga akan berlaga untuk  nomor lari estafet 4x100 meter putra  bersama pelari Eko Rimbawan, Bayu Kartenegara, Muhammad Bisma Diwa, dan Joko Kuncoro.

Dalam Kejuaraan Atletik Asia, Zohri ditargetkan  bisa mencapai final. Ia juga diharapkan bisa membawa pulang medali.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor M Tanjung menambahkan bahwa Zohri yang saat ini menempati rangking ke-13. Dengan rangking tersebut, pelari asal Nusa Tanggara Barat tersebut memiliki peluang lolos ke final.

“Memang kejuaraan itu amat krusial karena menjadi awal kualifikasi untuk atlet atletik Asia. Tapi, dengan capaian Zohri saat ini, PB PASI optimistis ia bisa sampai ke final,” imbuh Tigor.

Sebagaimana diketahui, Zohri baru saja menyumbangkan medali emas lari sprint untuk Indonesia, pada kejuaraan atletik Malaysia Open Grand Prix, di Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Pada kejuaraan itu, Zohri berhasil menjuarai lomba lari 100 meter dengan mencatat waktu 10,20 detik.

Pada Malaysia Open Grand Prix 2019, dengan catatat 10,41 detik, pelari tuan rumah Mohd Zulfiqar Ismail meraih medali perak. Sementara itu, medali perunggu direbut pelari Taiwan Wei-Hsu Wang, yang membukukan waktu 10,44 detik. (Opn/R-3)

Seluruh Indonesia (PB Pasi) menurunkan 10 atlet untuk menghadapi kejuaran Atletik Asia 2019 yang akan berlangsung di Khalifa, Stadium, Doha, Qatar, pada 21 hingga 24 April mendatang.

Dari total 10 atlet yang dikirim ke Qatar, delapan di antaranya adalah atlet putra, sedangkan dua sisanya atlet putri.

Mereka adalah, Lalu Muhammad Zohri yang akan turun di nomor 100 meter dan 4x100 meter, Bayu Kertanegara 4x100 meter, Eko Rimbawan 4x100 meter, Mochammad Bisma Diwa Abina 4x100 meter, Joko Kuncoro Adi 200 meter dan 4x100 meter, Adi Ramli Sidiq 100 meter dan 4x100 meter, Atjong Tio Purwanto 3.000 meter lari gawang, serta Sapwaturrahman lompat jauh.

Sedangkan di tim putri, ada Emilia Nova yang akan turun di nomor 100 meter lari gawang dan Eki Febri Ekawati di nomor tolak peluru.

Sekretaris Jenderal PB Pasi Tigor M Tanjung berharap, doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, agar seluruh atlet yang akan mengikuti kejuaraan di Qatar dapat memberikan hasil yang terbaik bagi Tanah Air.

“Dalam kejuaraan ini kan juga dimulai kualifikasi awal untuk Olimpiade 2020. Kita semua berharap atlet kita meraih prestasi terbaik,” terangnya di Jakarta, Selasa (9/4).

Menurut Tigor, PB Pasi optimistis dengan kemampuan yang dimiliki 10 atlet yang diturunkan.

“Yang pasti kita optimistis untuk juara,” tandasnya. (Opn)

Baca Juga

AFP/Jose Jordan

Tahun Depan Rehat, Dovizioso Mungkin Kembali pada MotoGP 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 24 November 2020, 15:45 WIB
Pembalap asal Italia ingin menikmati periode 2021 dengan menggeluti hobinya, yakni motocross. Namun, dia berpotensi kembali ke...
AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

MotoGP Rilis Daftar Sementara Pembalap Untuk Musim 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 24 November 2020, 11:55 WIB
Dilansir dari Speedweek, Selasa (24/11), ada 22 pembalap yang akan mengikuti kelas premier kejuaraan dunia...
AFP/Handout / VATICAN MEDIA

Bertemu Paus, Pemain NBA Bahas Masalah Keadilan Sosial

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 24 November 2020, 11:48 WIB
Para pemain yang bertemu Paus adalah Anthony Tolliver, Kyle Korver, Sterling Brown, Jonathan Isaac, dan Marco...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya