Jumat 05 April 2019, 17:45 WIB

Perekonomian Indonesia yang Baik Dorong Gojek Jadi Decacorn

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Perekonomian Indonesia yang Baik Dorong Gojek Jadi Decacorn

ilustrasi dok.mi
gojek

 

GOJEK menjadi perusahaan berbasis digital pertama asal Indonesia yang menyandang status decacorn. Menurut laporan lembaga riset CB Insights dalam The Global Unicorn Club, valuasi Gojek sudah menembus angka US$10 miliar atau setara Rp141 triliun dan menduduki peringkat 19 secara global.

Peneliti Departemen Ekonomi Centre for Strategic dan International Studies (CSIS) Deni Friawan mengungkapkan hal tersebut merupakan gambaran positif yang merefleksikan kondisi perekonomian di Indonesia.

Dengan dinobatkan menjadi decacorn, artinya Gojek memiliki nilai yang sangat luar biasa. Para investor meyakini perusahaan itu memiliki potensi dan prospek yang begitu cerah di masa depan.

"Semua kepercayaan itu tentu datang karena berbagai faktor, yang utamanya adalah kondisi perekonomian di Indonesia. Dengan berinvestasi dalam jumlah besar, para penanam modal pasti percaya bahwa Indonesia akan terus bertumbuh menjadi negara besar dengan tingkat perekonomian yang positif," ujar Deni kepada Media Indonesia, Jumat (5/4).

Baca juga: Gojek akan Kaji Keputusan Kemenhub Soal Tarif Ojol

Tidak mungkin, lanjutnya, sebuah perusahaan bisa berkembang dengan baik di tengah situasi negara yang tidak memunyai pertumbuhan ekonomi yang bagus.

"Kalau mereka percaya kepada perusahaan di sini, artinya mereka percaya kepada Indonesia," sambungnya.

Selain itu, beralihnya Gojek dari unicorn menjadi decacorn juga mencerminkan pergerakan ekonomi digital di Indonesia akan semakin berkembang di masa mendatang.

"Kita punya infrastruktur yang mumpuni dengan total penduduk yang juga begitu besar. Sumber daya manusia kita juga bisa mengimbangi perkembangan digitalisasi dunia. Itu semua yang membuat kita akan semakin banyak dilirik para investor," ucapnya.

Bukan tidak mungkin, dalam beberapa waktu ke depan, perusahaan-perusahaan platform digital lain seperti Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak juga akan menyusul prestasi Gojek saat ini. (OL-7)

Baca Juga

Istimewa

Tips agar Bisnis Berkelanjutan Dalam Pandemik Covid-19

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 21:50 WIB
PANDEMIK Covid-19 membawa perubahan dalam bisnis kedepan. Khususnya dalam perilaku konsumen dan...
Dok Setpres

Presiden Bersyukur Perekonomian masih Bertumbuh

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:42 WIB
Selain aktivitas perekonomian, tempat ibadah pun akan segera dibuka secara...
Antara/Hafidz Mubarak

Luhut: Ekspor Besi dan Baja Bantu Ekonomi Indonesia

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:36 WIB
Saat ini, sejumlah kontributor utama PDB mengalami pelemahan. Mulai dari perdagangan, pertanian, konstruksi, hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya