Selasa 02 April 2019, 11:45 WIB

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Wirausaha Baru 4%

Supardji Rasban | Ekonomi
Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Wirausaha Baru 4%

MI/Supardji Rasban
Dirjen Industri Kecil Kementerian Perindustrian, Gati Wibaawaningsi menyampaikan bantuan kepada Pones Al Hikmah 1 Benda, Brebes.

 

PEMERINTAH menargetkan minimal 4% pertumbuhan wirausaha baru dari jumlah penduduk yang ada. Hal itu karena Indonesia memiliki target masuk dalam 10 besar negara-negara ekonomi di Asia dan Indonesia Emas pada 2045.

Hal itu disampaikan Dirjen Industri Kecil Kementerian Perindustrian, Gati Wibaawaningsih, usai memberikan presentasi di hadapan para santri pondok pesantren (ponpes) bertajuk "Penumbuhan Wirausaha Baru" di Hotel Anggraeni, di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Senin (1/4).

Untuk mewujudkan target wirausaha tersebut, Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru. Salah satunya dengan memberikan bantuan peralatan kewirausahaan kepada ponpes.

Baca juga: Mitra Binaan Diminta Tanamkan Semangat Kewirausahaan

Gati menyampaikan bantuan yang diberikan berupa peralatan perbengkelan kepada Pones Al Hikmah 1 Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes.

"Penumbuhan wirausaha industri pondok pesantren merupakan salah satu upaya untuk mendorong pesantren dalam membangun eksistensinya," ujar Gati.

Menurut dia, di dalam ponpes sudah ada jiwa jiwa kewirausahaan yang merupakan landasan dasar menuju pondok pesantren yang maju dan mandiri secara ekonomi.

"Mereka juga mempunyai peluang untuk mengembangkan diri menjadi wira usaha," terang Gati.

Gati berharap dengan adanya bantuan peralatan perbengkelan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai unit bisnis baru di ponpes. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Akademisi: Ekspor Benih Lobster Naikkan Ekonomi Nelayan

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:00 WIB
KEBIJAKAN dibukanya kembali kran ekspor benih lobster dinilai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanudin Jamaludin...
Dok. SKK Migas

KEI Akan Operasikan Utility Boat Buatan Anak Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:59 WIB
Pembangunan kapal pembawa material  dan logistik tersebut dikerjakan oleh putra-putri terbaik Indonesia dengan tingkat kandungan lokal...
Istimewa

Apjati Siap Terapkan New Normal Penempatan PMI ke Mancanegara

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:45 WIB
PEDOMAN Protokol Kesehatan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri menjadi referensi bagi Apjati untuk memastikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya