Minggu 31 Maret 2019, 15:15 WIB

Bawaslu Babel Ingatkan Masyarakat Tolak Politik Uang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Bawaslu Babel Ingatkan Masyarakat Tolak Politik Uang

MI/RAMDANI
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengingatkan masyarakat untuk menolak dan tidak terlibat politik uang pada Pemilu 17 April mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel), Edi Irawan, tak memungkiri politik uang pada pemilu nanti sangat berpotensi terjadi. Apalagi Pemilu kali ini ada 5 pemilihan selain pemilihan Presiden dan wakil presiden.

"Potensi itu tetap ada, apalagi pemilu kita kali ini ada 5 pilihan sehingga sangat rentan dengan politik uang," kata Edi, Minggu (31/3).

Untuk itu, sebagai pengawas pemilu, pihaknya akan berupaya mengantisipasi hal tersebut. Pihaknya pun terus gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak terlibat dalam politik uang.

"Sayaingatkan kepada masyarakat supaya tidak memilih calon tertentu hanya karena uang, jangan terlibat politik uang karena yang demikian termasuk kejahatan pemilu," ujarnya.

 

Baca juga: Bawaslu Klaten Ajak Masyarakat Tolak Praktik Politik Uang

 

Dikatakannya, pelaku politik uang baik yang menerima maupun yang memberi diancam dengan tindak pidana pemilu.

"Kami mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk lebih cerdas dalam berdemokrasi dan datang ke TPS supaya memilih sesuai hati nurani bukan karena mendapatkan uang," ungkapnya.

Ia mengajak semua pihak dapat menciptakan pemilu yang bersih, pemilu demokratis dan pemilu yang bermartabat.

"Sudah ada bukti, banyak oknum yang terseret ke jalur hukum dan ditindak karena kasus politik uang," tuturnya.

Ia menambahkan, kepada peserta pemilu baik tokoh partai politik maupun para calon legislatif untuk menghindari kampanye hitam, menghindari kampanye hoaks yang bermuatan ujaran kebencian.

"Berikan pendidikan politik yang santun kepada masyarakat, buat masyarakat menjadi cerdas berdemokrasi dan datang ke TPS karena panggilan hati nurani," tukasnya. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Tempat Penjual Daging Ilegal di Labuanbajo Disegel

👤John Lewar 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:05 WIB
DINAS Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur,di Labuanbajo menyegel beberapa lokasi...
Antara

Khofifah Minta Risma Sinergi Tanggani Covid-19 di Surabaya

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:55 WIB
GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Wali Kota Surabaya Risma, untuk saling sinergi guna menekan angka jumlah positif...
MI/Ramdani

Sumsel Alihkan Anggaran Untuk Insentif Nakes Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:35 WIB
PEMPROV Sumsel memangkas anggaran untuk dialihkan sebagai insentif tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang berada di garda terdepan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya