Minggu 31 Maret 2019, 13:00 WIB

BEI Optimistis Semakin Banyak Pencatatan Saham Baru

Atalya Puspa | Ekonomi
BEI Optimistis Semakin Banyak Pencatatan Saham Baru

Wikipedia
Gedung BEI.

 

Di tengah kondisi perekonomian yang baik serta dukungan pemerintah, Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis pencatatan saham baru di bursa akan semakin dilirik oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Hal tersebut tergambar dari meningkatnya jumlah saham yang tercatat pada kuartal I di 2019. 

Hingga Maret, tercatat ada sebanyak 7 saham perusahaan baru. Jumlah tersebut merupakan jumlah tertinggi pada kuartal pertama selama lima tahun terakhir.

"Berdasarkan data Maret 2019, terdapat 16 pipeline saham, 9 pipeline emisi obligasi dan sukuk, serta 2 pipeline pencatatan ETF," kata Sekretaris BEI Yulianto Aji Sandono, Minggu (31/3).

 

Baca juga: Investor Saham BEI Didominasi oleh Generasi Milenial

 

Dirinya menambahkan, dari 16 perusahaan yang telah ada dalam pipeline saham, sebagian besar berasal dari Sektor Trade, Service dan Investment, serta dari sektor Property, Real Estate, and Building Construction.

Pihaknya menilai, apabila sebuah perusahaan telah go public, maka perusahaan tersebut akan lebih terpacu untuk meningkatkan kinerja usahanya karena pemegang saham dapat memantau kinerja perusahaan dengan lebih transparan.

Selain itu, dengan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di bursa, setiap saat dapat memperoleh valuasi terhadap nilai perusahaan.

"Setiap peningkatan kinerja operasional dan kinerja keuangan, umumnya akan memiliki dampak terhadap harga saham di bursa, perusahaan juga akan memperoleh banyak keunggulan kompetitif untuk pengembangan usaha di masa yang akan datang," tuturnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Beri Subsidi Distribusi untuk Jaga Pasokan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:53 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun...
DOK KEMENTAN

Kabupaten Semarang Rayakan Puncak Panen Raya Padi April-Mei 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:48 WIB
Kabupaten Semarang sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Tengah terus melakukan kegiatan panen padi dengan puncak panen pada...
Ilustrasi

Dampak Korona, Banyak Perusahaan Bertahan 1-3 Bulan Kedepan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 10 April 2020, 16:07 WIB
Arus kas ada yang satu bulan sampai dengan tiga bulan kedepan, lebih dari itu mereka harus cari stand by...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya