Jumat 29 Maret 2019, 18:55 WIB

KPAI Sesalkan Video Ibu Dorong Anak dari Mobil yang Viral

Antara | Humaniora
KPAI Sesalkan Video Ibu Dorong Anak dari Mobil yang Viral

Ist
Ibu Dorong Anak dari Mobil

 

WAKIL Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Rita Pranawati mengatakan video ibu mendorong putrinya keluar dari mobil di Malang, Jawa Timur, merupakan sebuah potret kekerasan fisik dan psikis.    

"KPAI sangat menyesalkan kejadian video viral seorang ibu yang melakukan kekerasan fisik dan psikis kepada putrinya," kata Rita kepada wartawan di Jakarta, Jumat (29/3).

Menurut dia, tidak selayaknya seorang ibu melakukan kekerasan hingga terjadi tarik menarik kepada putrinya, bahkan sang anak sampai terjatuh keluar.   

Dia mengatakan kekerasan bukanlah solusi ketika orangtua mengalami kebuntuan dalam mengasuh. Kekerasan dalam pengasuhan justru menimbulkan trauma pada anak.   


Baca juga: Film Dokumenter Bangun Rasionalitas Lawan Hoaks


Kekerasan pada anak, kata dia, memicu anak merasa diabaikan, ditelantarkan dan tidak dihargai harkat martabatnya. Tidak mudah pula bagi anak untuk membangun kepercayaan kepada orangtua usai kejadian.  

Rita mengatakan saat ini orang tua anak telah meminta maaf atas kejadian tersebut. KPAI telah berkoordinasi dengan Kanit PPA Malang dan pihak-pihak terkait untuk proses pemulihan anak dan orangtua.  

Bagi Wakil Ketua KPAI, pemulihan relasi orangtua dan anak akan sangat penting bagi kelanjutan pengasuhan di masa yang akan datang.   

"Bagi masyarakat, jika melihat hal-hal kekerasan terhadap anak, penting untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang. Semoga, tidak ada lagi kejadian seperti video tersebut," katanya. (OL-1)

 

Baca Juga

MI/M. Irfan

Lindungi Pekerja Informal, RUU PPRT Mendesak Disahkan

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:19 WIB
Pekerjaan rumah tangga merupakan pekerjaan yang rawan dan rentan dalam perlindungan hukum karena masih ada ditemukan...
Dok. Pribadi

SMP Ini Kembangkan Digital Islamic School Bentuk Karakter Pelajar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:14 WIB
’’Kami membuat Al-Azka Digital Islamic School yang unggul, ’ kata Uus...
Dok. Pribadi

Prosedur Disceel Jadi Opsi Baru Perawatan Herniasi Diskus

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:12 WIB
Fungsi jaringan Diskus sebagai peredam kejut dan menjaga fleksibilitas tulang belakang untuk memudahkan semua gerakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya