Jumat 29 Maret 2019, 16:45 WIB

Makin Tercemar, Cileungsi-Cikeas Butuh Perhatian

Gana Buana | Megapolitan
Makin Tercemar, Cileungsi-Cikeas Butuh Perhatian

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Relawan gabungan membersihkan sampah yang menyumbat aliran Sungai Cikeas

 

KOMUNITAS Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) berharap pemerintah pusat memberikan perhatian terhadap penanganan pencemaran di sungai Cileungsi maupun Cikeas. Sebab, saat ini kondisi kedua sungai yang  membentang dari Kabupaten Bogor (hulu) hingga Kota Bekasi (hilir) di Jawa Barat ini semakin tercemar.   

Berdasarkan informasi yang diperoleh, beberapa waktu lalu ketika ribuan ikan sapu-sapu  ditemukan tewas dan mengambang di permukaan sungai Cileungsi. Kejadian ini sempat mengundang perhatian Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Menteri pun menurunkan tim khusus ke lokasi pencemaran.

Baca juga: Kejari Jaksel Luncurkan Mobil Tilang di Lokasi CFD

“Kami berharap pemerintah pusat menunjukan perhatiannya terhadap penanganan limbah di Cileungsi maupun Cikeas, setelah sebelumnya mengintervensi sungai Citarum hingga menjadi bersih belakangan ini,” ungkap Ketua KP2C Puarman, Jumat (25/3).

Puarman mengatakan, penanganan limbah di kedua sungai itu menjadi penting karena belakangan ini intensitas limbah yang mencemari sungai, khususnya Cileungsi, semakin sering, baik limbah industri maupun limbah domestik (rumah tangga). Termasuk gunungan sampah bambu yang kerap terjadi di sungai Cikeas.

“Untuk limbah industri, instansi terkait sudah mengambil tindakan. Namun belum memberikan efek jera. Akibatnya, masih saja terjadi pembuangan limbah yang tidak melalui prosedur yang benar,” jelas Puarman.

Baca juga: Ingin Naik MRT, Penumpang Bisa Naik Angkot Dari Lokasi Ini

Demikian halnya dengan limbah rumah tangga yang disinyalir juga menjadi sebab kedua sungai tercemar. Aktivitas rumah tangga juga membuat sungai Cikeas dan Cileungsi khususnya tercemar.

“Untuk itu, KP2C sebagai salah satu komunitas yang peduli terhadap kelestarian dan kebencanaan yang diakibatkan oleh kedua sungai tersebut, berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ikut aktif ambil bagian dalam penanganan,” tandas dia. (OL-6)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...
Ilustrasi

13 Kepala SMA di Depok Digeser

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:49 WIB
Kepala Sekolah SMA yang dirotasi itu antara lain Usep (SMA 1), Neng (SMA 2), Nurlely (SMA 3), Dede Agus (SMA 4), Zarni (SMA 5), Fatah (SMA...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya