Kamis 28 Maret 2019, 16:35 WIB

KPK Eksekusi Eni Saragih ke Lapas Wanita

M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
KPK Eksekusi Eni Saragih ke Lapas Wanita

FOTO: MI/ BARY FATHAHILAH
SIDANG VONIS ENI MAULANI SARAGIH

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan eksekusi terhadap terpidana tindak pidana korupsi Eni Maulani Saragih pada Selasa (26/3) kemarin.

"KPK telah melakukan eksekusi terhadap terpidana Eni. M. Saragih yang dijatuhi pidana penjara enam tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan, serta pencabutan hak politik selama tiga tahun," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan resmi, Kamis (28/3).

Putusan pengadilan tersebut telah berkekuatan hukum di tingkat Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, juga tidak adanya pengajuan upaya hukum dari kedua pihak.

"KPK memandang hukuman yang dijatuhkan hakim telah cukup proporsional dan terdakwa juga sudah mengembalikan uang yang diterima pada proses penyidikan ataupun persidangan," kata Febri.

 

Baca juga: Hak Politik Eni Saragih Dicabut

 

Eni akan menjalani masa hukumannya di Lapas Klas II B Anak Wanita di Tangerang. KPK, lanjut Febri, masih terus mencermati dugaan keterlibatan dan peran pihak lain dalam perkara ini.

Diketahui, Eni terlibat dalam kasus suap dan gratifikasi pada kasus PLTU Riau-1. Dalam kasus ini Eni Saragih menerima uang suap Rp4,75 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Eni juga menerima uang Rp2 miliar dan Rp500 juta dari Kotjo untuk keperluan Pilkada Temanggung yang diikuti oleh suami terdakwa, yaitu M Al Khadziq. Eni telah membayar uang pengganti Rp5,087 miliar dan SGD 40 ribu.

Hukuman yang dijalani Eni lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK dalam persidangan, yaitu hukuman penjara selama delapan tahun. (OL-3)

Baca Juga

DOK DPR RI

Ciptakan Stabilitas Harga, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 15:25 WIB
Menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, jangan sampai ada pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar dalam kondisi seperti...
Antara

Jokowi: Mari Hadapi Pandemi Ini dengan Kebersamaan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 April 2020, 14:52 WIB
Menurut Presiden, pandemi yang dihadapi ini merupakan ujian berat bagi bangsa yang memerlukan kebersamaan, gotong-royong, dan disiplin...
SETPRES/MUCHLIS JR

Presiden Berterima Kasih Pada Warga yang Disiplin Terapkan PSBB

👤Dhika kusuma winata 🕔Jumat 10 April 2020, 14:41 WIB
Presiden menekankan kedisiplinan yang kuat dalam melakukan pembatasan sosial dan jaga jarak menjadi kunci keberhasilan dalam menahan laju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya