Rabu 27 Maret 2019, 14:00 WIB

Hanya dengan Pecahan Keramik Busi, Maling Bisa Bobol Mobil

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Hanya dengan Pecahan Keramik Busi, Maling Bisa Bobol Mobil

ANTARA/SISWOWIDODO
Ilustrasi tersangka pencuri mobil memperlihatkan cara dia mencuri mobil.

 

MASYARAKAT di Provinsi Bangka Belitung (Babel) diimbau untuk tidak meninggalkan barang-barang dan dokumen berharga di dalam mobil. Pasalnya saat ini pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan pecah kaca mobil marak terjadi di Babel.

Kabid Humas Polda Babel, Ajun Komisaris Besar (AKB) Maladi, mengatakan Polsek Taman Sari berhasil menangkap satu dari 3 pelaku pecah kaca mobil dengan pecahan keramik busi.

Pelaku yang berhasil diamankan berkat dari CCTV adalah, Yogi warga Pangkalpinang dari tangan pelaku berhasil diamankan barang-bukti berupa uang tunai Rp20.700, ponsel, pecahan kaca mobil, tiga busi yang salah satunya sudah dipecahkan keramiknya.

"Pelaku ini bertiga, satu atas nama Yogi berhasil kita tangkap (26/3) sekitar pukul 07.30 WIB dijalan raya pangkalbalam pangkalpinang, dua pelaku lainya masih DPO," kata Kabid Humas.

"Berdasarkan pengakuan pelaku, mereka sudah tiga kali beraksi, semuanya dilakukan saat korban parkir mobil untuk menunaikan salat," tambah Maladi.

Polisi mengimbau masyarakat untuk tidak parkir kendaraan di tempat sepi saat akan melaksanakan salat. Selain itu masyarakat diharapkan tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil.

"Parkir ditempat yang aman, barang-barang berharga kalau mau salat hendaknya dimasukkan dalam tas dan dibawa," imbuh dia.

 

Baca juga: Pencurian Mobil Bermodus Sopir Pribadi Marak

 

Sementara, Yogi salah satu pelaku mengaku untuk melancarkan aksinya mencuri barang-barang berharga di dalam mobil tidaklah sulit. Pertama-tama ia melihat dulu ada barang apa di dalam mobil.

Selanjutnya, ia memecahkan keramik busi, lalu dimasukkan ke dalam mulut sebentar. Keramik busi kemudian dikeluarkan dan langsung dilempar ke kaca mobil.

"Usai saya basahi di dalam mulut, keramik mobil itu langsung saya lempar ke arah kaca, nanti kaca akan langung pecah seribu, dan kaca saya dorong  barang-barang langsung bisa saya ambil,"ulas Yogi.

"Saat kaca mobil pecah seribu, alarm mobil tidak akan berbunyi," imbuh dia sembari mempraktekan cara melakukan tindak kejahatanya. (OL-3)

Baca Juga

Dok. DPD RI

Banyuwangi Dinilai Siap Masuk Era Kenormalan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:25 WIB
Ia memuji kesigapan dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menangani penyebaran pandemi...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Bandara YIA Kulon Progo Mulai Aktif

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:02 WIB
Maskapai yang melayani penerbangan tersebut yakni Garuda, Citilink, Lion, Sriwijaya Air, dan menyusul penerbangan lainnya seperti...
Dok. Pribadi

Petrus Uropmabin Puji Komitmen Surya Paloh untuk Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:28 WIB
Sosok Surya Paloh bagi orang Papua adalah seorang nasionalis sejati yang melihat Indonesia secara utuh dari Sabang sampai Merauke, dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya