Rabu 27 Maret 2019, 09:30 WIB

Bekasi Tebar Rumah Sakit Baru

Bekasi Tebar Rumah Sakit Baru

ANTARA/Risky Andrianto
Wali kota Bekasi petahana Rahmat Effendi

 

Beban berat Rumah Sakit Umum Daerah dr Chasbullah Abdulmadjid menangani masalah kesehatan warga Kota Bekasi terus dikurangi. Sejak 11 Maret lalu, rumah sakit di Jatisampurna sudah dibuka untuk umum. "Tahun ini, kami menargetkan ada tiga rumah sakit tipe D yang bisa melayani warga Kota Bekasi. Setelah Jatisampurna, dua rumah sakit akan dibuka di Pondok Gede dan Bantargebang," papar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin.

Khusus di Bantargebang, Pemkot Bekasi tidak perlu merogoh kocek sendiri. "Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu pembiayaannya sehingga pengoperasian rumah sakit ini relatif lebih cepat," lanjut Rahmat.

Untuk rumah sakit di Pondok Gede, lanjut dia, masih butuh perluasan lahan. Hanya saja, soal itu tidak menjadi kendala terbesar karena pemkot memprioritaskan untuk membangun fasilitas rumah sakit terlebih dulu.

Untuk itu, Rahmat sudah memerintahkan jajarannya untuk secepatnya membangun konstruksi rumah sakit. Rencana berikutnya, rumah sakit tipe D juga akan dibangun di wilayah Medan Satria. "Saya ingin dari tahun ke tahun masyarakat bisa lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah daerah," tandas Rahmat.

Baca Juga: Tiga RS Tipe D Mulai Beroperasi di Kota Bekasi

Saat ini, jumlah warga Kota Bekasi yang hampir mencapai 3 juta jiwa hanya dilayani satu rumah sakit milik pemerintah daerah, yakni RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid yang berada di Jalan Pramuka, Bekasi Selatan. RSUD dengan tipe B itu mendapat dukungan fasilitas kesehatan di tingkat kecamatan, dengan beroperasinya 39 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Adapun jumlah rumah sakit swasta di kota ini jauh lebih banyak, mencapai 36 unit.

Lebih jauh Rahmat Effendi mengungkapkan rumah sakit di Jatisampurna memiliki kapasitas rawat inap untuk 50 pasien. Rumah sakit itu juga dilengkapi ruang gawat darurat, ICU, NICU, dan poliklinik rawat jalan. Untuk layanan rawat jalan diperkuat empat dokter spesialis, yakni kebidanan, anak, bedah, dan penyakit dalam.

Fasilitas penunjang yang tidak kalah pentingya ialah instalasi farmasi, radiologi, dan poligigi. Rumah sakit ini melayani pasien BPJS ataupun Kartu Sehat (KS) berbasis nomor induk kependudukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menambahkan rumah sakit tipe D akan menunjang kinerja puskesmas. "Selain lebih menyebarkan layanan kesehatan bagi warga, keberadaan RS tipe D juga lebih lengkap daripada puskesmas." (Gan/J-3)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Periksa Rekan Kerja dan Kawan Yodi Prabowo

👤Jufriansyah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:59 WIB
"Tadi autopsi sudah selesai hasil nanti dikirim, nanti kita lihat perkembangannya," kata...
MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya