Rabu 27 Maret 2019, 09:07 WIB

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas hingga 1,5 Kilometer

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas hingga 1,5 Kilometer

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Gunung Merapi

 

BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)  Yogyakarta merilis laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan Rabu (27/3) dari pukul 00:00-06:00 WIB

Luncuran awan panas guguran terjadi sebanyak sekali di gunung yang memiliki  tinggi 2968 mdpl dengan amplitudo 55 mm dan durasi 150.5 detik. Peristiwa  tersebut terjadi pada pukul 04.23 WIB.

"Dari CCTV teramati awan panas guguran 1 x ke kali Gendol jarak luncur 1500  meter dan Guguran lava teramati 2 x ke hulu kali Gendol jarak luncur 750-900 meter," tulis Yulianto, petugas dari BPPTKG Yogyakarta.

Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Merapi tetap di Level II (Waspada). Status Waspada Gunung Merapi sudah ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

Baca juga: Waspadai Longsor di Jalur Wisata Bromo

BPPTKG pun mengeluarkan tujuh rekomendasi terkait aktivitas Gunung Merapi  belakangan ini.

1. Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan  kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan  upaya mitigasi bencana.

2. Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas  penduduk.

3. Berhubung sudah terjadi beberapa kali awanpanas guguran yang jarak luncurnya semakin jauh masyarakat yg tinggal di alur Kali Gendol dimohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

4. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di  sekitar puncak Gunung Merapi.

5. Jika terjadi perubahan aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

6. Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi  yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah  daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat  melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 Mhz, melalui Website  www.merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG Jalan  Cendana no 15 Yogyakarta telepon (0274)514180-514192.

7. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk menyosialisasikan kondisi Gunung Merapi saat ini. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More