Rabu 27 Maret 2019, 11:15 WIB

AS Targetkan Kirim Astronaut ke Bulan dalam 5 Tahun

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Targetkan Kirim Astronaut ke Bulan dalam 5 Tahun

AFP/HO/NASA
Astronaut AS Edwin E Aldrin, Jr saat menginjakan kaki di Bulan pada 20 Juli 1969.

 

WAKIL Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, Selasa (26/3), mengatakan 'Negeri Paman Sam' itu berencana mengirimkan astronaut ke Bulan dalam tempo lima tahun ke depan.

"Merupakan kebijakan pemerintahan ini untuk mengembalikan astronaut AS ke Bulan dalam tempo 5 tahun ke depan," ujar Pence saat berpidato di Huntsville, Alabama.

"Saya dengan tegas mengatakan perempuan pertama dan pria berikutnya yang menginjakkan kaki di Bulan adalah astronaut asal AS. Mereka akan berangkat menggunakan roket milik AS dari daratan AS," tegasnya.

Misi ke Bulan pertama dalam tempo setengah abad dijadwalkan berangkat pada 2028.

Baca juga: Pupus Harapan Gara-Gara Ukuran Pakaian

Namun, program itu mengalami berbagai penundaan terkait pengembangan roket pesawat. Akibatnya, penerbangan perdana menggunakan roket bernama SLS itu ditunda hingga 2021.

Dalam pidatonya, Pence juga mengkritik kebuntuan birokrasi dan kelumpuhan analisa yang menyebabkan penundaan keberangkatan SLS. Dia juga menuntut pola pikir baru di tubuh NASA.

Pence kemudian mengancam akan menggunakan perusahaan swasta untuk misi ke Bulan seandainya NASA tidak siap pada waktunya.

"Jika roket swasta adalah satu-satunya cara mengirimkan astronaut AS ke Bulan dalam tempo lima tahun ke depan, kami akan menggunakan roket swasta," kata Pence. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/SILVIO AVILA

Turki Beli 50 Juta Dosis Vaksin Sinovac

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 09:01 WIB
CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lain yang dikembangkan di Tiongkok sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk dipastikan...
AFP/David Ryder/Getty Images

Boeing 737 Max akan Mengudara di Brasil Akhir Tahun

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 26 November 2020, 08:50 WIB
Gol Linhas Aereas Inteligentes SA, maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat model tersebut di Brasil, sedang menerapkan langkah...
NOEL CELIS / AFP

Presiden Tiongkok Xi Jinping Sampaikan Selamat Kepada Biden

👤Mediaidonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:10 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping  menyuarakan harapan kepada Joe Biden dapat mendorong perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya