Waspadai Longsor di Jalur Wisata Bromo 

Penulis: (BN/BB/JS/DW/RF/N-3) Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 23:45 WIB Nusantara
Waspadai Longsor di Jalur Wisata Bromo 

MI/Bagus Suryo
Jalan menuju Gunung Bromo itu longsor setelah kawasan setempat diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir.

BALAI Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kota Malang, Jawa Timur, menyatakan selama Januari 2019 sampai Maret sudah terjadi 10 kejadian tanah longsor di akses jalan menuju wisata Gunung Bromo.

Karena itu, wisatawan diminta meningkatkan kewaspadaan selama memasuki musim penghujan sebab jalur wisata ke Bromo melintasi tebing curam dan perbukitan yang rawan longsor. 

“Kejadian tanah longsor Januari 2019 sebanyak 4 kali, 3 kali selama Februari 2019 dan 3 kali selama Maret. Wisatawan agar berhati-hati,” ungkap Kepala Subbagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Syarif Hidayat, Selasa (26/3).

Kejadian terkini di jalan wisata kawasan wisata Coban Pelangi, Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hampir separuh badan jalan di kawasan itu ambrol dan retak sekitar 30 meter dengan kedalaman sekitar 6-15 meter. “Lokasi jalan yang longsor tersebut di luar kawasan TNBTS, kira-kira 100 meter setelah Coban Pelangi,” katanya.

Tanah longsor juga memutus jalan penghubung Desa Mekarjaya dengan Desa Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. “Kejadiannya saat tidak ada hujan, tapi sehari sebelumnya sempat diguyur hujan deras,” kata Kepala Desa Mekarjaya, Suryana, Selasa (26/3).

Selain menutup akses jalan desa, lanjut dia, material longsoran juga merusak sekitar 200 meter persegi lahan sawah. Kerugian ditaksir menca-pai Rp30 juta.

Hujan deras beberapa hari terakhir menyebabkan sayap jembatan Sungai Kaligawe, Pedan, Klaten, Jawa Tengah, longsor. Jembatan penghubung antardesa itu terancam putus jika tidak segera ditangani.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Dhody Hermanu, mengatakan penanganan sayap jembatan yang longsor di Sungai Kaligawe itu akan segera dilakukan. Material sudah disiapkan, seperti karung pasir dan alat berat. 

Sementara itu, BMKG setempat meminta warga Palembang, Sumatra Selatan, dan Bangka Belitung mewaspadai hujan deras dan angin kencang yang bakal terjadi sepekan ke depan. Kondisi saat ini merupakan indikasi musim transisi. Waspada saat berkendara saat hujan dan hindari tempat terbuka ketika terjadi petir atau kilat. (BN/BB/JS/DW/RF/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More