Vino G Bastian Totalitas demi Perankan Buya HAMKA

Penulis: Patna Budi Utami Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 23:30 WIB Hiburan
Vino G Bastian Totalitas demi Perankan Buya HAMKA

MI/Ardi Teristi Hardi
Vino G Bastian

MEMERANKAN tokoh seorang ulama besar sekaligus sastrawan, Prof Dr H Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya HAMKA, bukanlah hal mudah bagi aktor Vino G Bastian, 37. Oleh karena itu, ia bekerja keras mendalami karakter sang tokoh dengan mempelajari banyak hal untuk berperan di film berjudul Buya HAMKA itu.    

Menurut Vino, ia banyak mempelajari sosok Buya HAMKA dari sejumlah buku yang ditulis sang ulama demi memainkan tokoh utama dalam film karya sutradara Fajar Bustomi tersebut. Selain sebagai ulama, Buya HAMKA ialah sastrawan dan salah satu novel karya beliau yang populer ialah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan sempat diangkat ke layar lebar sebagai film drama romantis Indonesia pada 2013.

Selain itu, Vino juga mengaku memperlajari bahasa Arab demi menguatkan perannya sebagai Buya HAMKA. Untuk memaksimalkan peran, ia bahkan berusaha menambah berat badannya.

"Kalo gue baca skrip doang, itu cuma yang ada di permukaan. Tapi dengan membaca bukunya (karya Buya HAMKA), bakal menemui karakternya, dan Buya HAMKA itu memang sosok ulama yang menyejukkan," kata Vino di Jakarta, Senin (25/43).

Syuting film Buya HAMKA akan dimulai pada 1 April mendatang. Selain Vino, terlibat pula aktris Laudya Cynthia Bella sebagai sosok istri Buya HAMKA, Siti Raham. Ada juga Desy Ratnasari dan Donny Damara yang memerankan tokoh ibu dan ayah Buya HAMKA.
"Ini pasti film yang luar biasa. Saya yakin, bukan aktor yang mencari peran, melainkan setiap karakter akan mencari siapa aktor yang tepat," tutur Vino.

Dipilihnya aktor yang juga suami aktris Marsha Timothy untuk memerankan Buya HAMKA ialah hal yang menarik sebab selama ini Vino lekat dengan peran karakter cowok berandal atau jagoan yang punya sisi nakal.

Namun, pemilihan tersebut bukan tidak berdasar. Pasalnya, sang sutradara, Fajar Bustomi, menganggap banyak kecocokan dan kedekatan keluarga Vino dengan sosok Buya HAMKA. 

Paling tepat
Menurut dia, Vino menjadi sosok paling tepat memerankan tokoh HAMKA, terlebih dia juga memiliki kedekatan dengan keluarga HAMKA. "Vino paling tepat. Beliau juga dari sisi silsilah keluarga, dekat dengan keluarga Buya HAMKA. Lebih enak prosesnya," tambahnya.
Selain itu, kecocokan juga dilihat dari karakter suara serak yang dimiliki Vino, mirip dengan tokoh besar yang ia perankan.

Fajar mengaku senang mendapatkan kepercayaan menyutradarai film yang tokoh utamanya merupakan sosok inspiratif seperti Buya HAMKA. "Senang sekali. Ini memang impian saya sejak lama, membuat film tentang tokoh inspiratif sebesar Buya HAMKA," tutur dia.

Film Buya HAMKA merupakan garapan kerja sama Falcon Pictures, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Starvision. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Yunahar Ilyas mengatakan MUI mendukung penuh dan bakal ikut mempromosikan film Buya HAMKA. "Insya Allah MUI ikut mempromosikan dan mendoakan," ujarnya.

Ia bahkan berharap film ini bisa ditonton masyarakat melebihi jumlah penonton film Dilan. "Semoga melebihi Dilan," katanya.

Film Buya HAMKA akan memulai syuting di Maninjau, Sumatra Barat. Film itu dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada tahun depan. (Ant/Medcom.id/H-1)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More