Tiga Singa kembali Jemawa

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 23:15 WIB Sepak Bola
Tiga Singa kembali Jemawa

AFP
Para pemain inggris melakukan selebrasi saat melumat tuan rumah Montenegro 5-1 di Stadion Pod Goricom, Montenegro.

INGGRIS kembali menunjukkan kelasnya. Pada laga kedua penyisihan Grup A Euro 2020, tim berjuluk ‘Tiga Singa’ itu melumat tuan rumah Montenegro 5-1 di Stadion Pod Goricom, Montenegro.

Tertinggal lebih dulu setelah Marko Vesovic menjebol gawang Jordan Pickford pada menit ke-15, Inggris mampu merespons dengan mengemas lima gol. Setelah Harry Kane menjebol gawang Montenegro yang dikawal Danijel Petkovic pada menit ke-30, dominasi Inggris tidak mampu lagi dibendung. Empat gol tambahan sukses dilesakkan Ross Barkley (39’, 59’), Kane (71’), dan Raheem Sterling (81’) untuk membawa Inggris menang 5-1. Inggris kini memimpin klasemen Grup A dengan poin 6 setelah di laga perdana menundukkan Republik Ceko 5-0.

Namun, auman ‘Tiga Singa’ dinodai sikap rasialis pendukung Montenegro. Di laga tersebut, pendukung tim negara pecahan Yugoslavia itu menyanyikan lagu-lagu berbau rasial yang ditunjukkan kepada pemain belakang Inggris Danny Rose.

Serangan verbal kepada pemain Tottenham Hotspur berkulit hitam itu makin kencang setelah Rose mendapat kartu kuning di menit akhir pertandingan. Aksi rasialis tersebut tak urung membuat pelatih Inggris, Gareth Southgate, berang.

“Saya yakin mendengar nyanyi­an itu ketika Danny Rose diberi kartu kuning di akhir pertandingan dan itu tidak bisa diterima. Kami akan melaporkannya ke UEFA,” tambahnya.

Sementara itu, Sterling menegaskan tindakan pendukung Montenegro sama sekali tidak memengaruhi dirinya dan pemain Inggris lain. Setelah mencetak gol, Sterling berlari menuju tribune pendukung tuan rumah dan mendekatkan tangan di kedua telinga. 

“Saya hanya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa Anda membutuhkan lebih dari itu untuk membuat kami marah dan menghentikan kami,” kata Sterling.

Pujian untuk Prancis
Di laga lainnya, penampilan impresif juga diperlihatkan Prancis. Saat menjamu Islandia di Stade de France dalam laga di Grup H, Les Bleus tampil mengesankan.

Bermain di depan pendukungnya, Prancis menang empat gol tanpa balas. Keempat gol tim besutan Didier Deschamps ke gawang Islandia di­sumbang Samuel Umtiti (12’), Olivier Giroud (68’), Kylian Mbappe (78’), serta Antoine Griezmann (84’).

Kemenangan atas Islandia menem­patkan Prancis di posisi teratas dengan poin enam. Posisi dua ditempati Turki juga dengan poin enam, tetapi kalah selisih gol. Di laga kedua, Turki juga menang 4-0 atas Moldova.

“Target kami memang merebut enam poin di dua laga pertama. Itu bisa kami capai dan yang paling menyenangkan ialah cara kami mendapatkan kemenangan tersebut,” ungkap Deschamps.

Mantan kapten timnas Prancis itu juga senang ketiga striker andalannya, Mbappe, Griezmann, dan Giroud, mampu mencetak gol. Hal itu menunjukkan Prancis memiliki kekuatan merata di lini depan. 

“Ketika lawan bermain sangat defensif, akan sangat sulit untuk menemukan jalan untuk menembusnya, dan hasil kali ini merupakan pertanda baik,” kata Deschamps.

Pelatih Islandia, Erik Hamren, mengakui ketangguhan Prancis. Menurutnya, Prancis layak menang karena tampil lebih baik.  

“Mereka ialah juara dunia dan Anda telah melihatnya hari ini. Lima tendangan ke gawang dan mereka mencetak empat gol menunjukkan kelas mereka,” ungkap Hamren. (AFP/Goal.com/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More