Selasa 26 Maret 2019, 16:59 WIB

Dua Kali Diuji Coba, PLTSa Sumur Batu Gagal

Gana Buana | Megapolitan
Dua Kali Diuji Coba, PLTSa Sumur Batu Gagal

ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Petugas menutupi sampah dengan geomembrane di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/10). TPA Benowo yang dikelola oleh PT Sumber Organik menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)

 

DUA kali uji coba pengoperasian alat Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi, mengalami kegagalan. Padahal, kontrak kerja sama pembangunan PLTSa tersebut sudah berjalan selama tiga tahun.

“Pemerintah masih memberikan satu kali kesempatan kepada pihak swasta PT Nusa Wijaya Abadi (NWA) sebagai pihak investor,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi, Selasa (26/3).

Menurut Jumhana, kedua uji coba tersebut dilakukan pada 5-6 Februari lalu dan Rabu (20/3) pekan lalu. Sementara, uji coba ketiga akan dilakukan pada akhir Maret. Karena itu, Jumhana berharap pada kesempatan ketiga ini pihak pengembang bisa merealisasikan proyek PLTSa tersebut.

“Kontraknya sudah berjalan tiga tahun, sejak 2016 lalu,” kata dia.

Baca juga: PLTSa belum Mampu Perpanjang Usia TPST Bantargebang

Jumhana membandingkan pekerjaan pengembang PLTSa Sumur Batu dengan PLTSa Bantargebang yang dikerjakan BPPT yang tidak sampai satu tahun sudah bisa terealisasi. Dari sisi infrastruktur pun saat ini terlihat lebih megah dibandingkan dengan PLTSa Sumur Batu.

“PLTSa Bantargebang saja cepat, harusnya bisa segera. Soalnya jangan terlalu menunggu lama, ini gundukan sampah semakin tinggi, sistem yang ada pun masih sanitary landfill,” tandas dia.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Tunjangan Kerja Daerah PNS DKI Resmi Dikurangi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerbitkan payung hukum untuk pengurangan tunjangan kinerja daerah (TKD) PNS...
ANTARA FOTO/Fauzan

Ke Jakarta Tak Bawa SIKM, Siapkan Rp1,2 Juta untuk Tes Swab

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Pendatang tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) dan keterangan kesehatan bebas COVID-19 diwajibkan mengikuti tes swab dengan biaya...
MI/BARRYFATHAHILLAH

Positif Covid-19 di Jakarta Tembus 7.000 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:42 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan resminya menyebut dari 7.050 kasus positif covid-19 terdapat 1.807 pasien...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya