DPRD DKI Ingin Tarif Murah

Penulis: Fer/Ssr/ Put/*/X-11 Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 08:00 WIB Megapolitan
DPRD DKI Ingin Tarif Murah

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Warga menunggu keberangkatan kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi Minggu (24/3/2019).

MESKI telah memutuskan tarif moda raya terpadu (MRT) Jakarta dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Le-bak Bulus atau sebaliknya sebesar Rp8.500 per orang, DPRD DKI Jakarta masih akan membahas ulang soal tarif antarstasiun. Tarif Rp1.000 per kilometer yang diusulkan Pemprov DKI mungkin akan berubah mengikuti tarif yang diputuskan DPRD.

"Ini mungkin lebih murah lagi karena tidak dipukul rata dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Ini kan halte per halte," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, kemarin.

DPRD DKI Jakarta juga memutuskan tarif kereta ringan atau light rapid transit (LRT) sebesar Rp5.000 per orang dari Stasiun Kelapa Gading-Velodrome. Pemprov DKI sebelumnya mengusulkan tarif Rp6.000 per penumpang.

Penumpukan penumpang

Kemarin, pengguna MRT terlihat masih banyak yang belum tahu tata cara menaiki moda transportasi itu.

Ratusan calon penumpang di Stasiun Bundaran HI, misalnya, sibuk menggunakan ponsel untuk mendaftar agar bisa memanfaatkan layanan transportasi tersebut.

"Baca di internet katanya bisa langsung masuk atau beli kartu langsung di stasiun, tapi ternyata harus daftar dulu di situs resmi MRT," kata Fadhly, 29.

Pendaftaran untuk menggunakan MRT dapat diakses di situs resmi PT Mass Rapid Transit Jakarta yakni www.jakartamrt.co.id. Adapun pembelian kartu MRT baru bisa dilakukan pada 1 April. Masyarakat juga bisa menggunakan kartu Jak Lingko.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kemarin, meninjau Stasiun Bundaran HI yang sudah terintegrasi dengan layanan bus Trans-Jakarta.

Menurut Anies, pengelolaan satu kartu untuk transportasi umum di DKI Jakarta bertujuan mempermudah pengolahan subsidi. (Fer/Ssr/Put/*/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More