Anestesi Bisa Hapus Memori Buruk

Penulis: Independent/Tes/X-10 Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 07:45 WIB Humaniora
Anestesi Bisa Hapus Memori Buruk

Duta
Ilustrasi Otak Manusia

PENELITIAN terbaru menunjukkan ingatan buruk atau rasa takut berlebihan yang di-alami seseorang bisa diatasi dengan memanfaatkan efek anestesi dari obat propofol.

Penelitian ini mematahkan asumsi ilmuwan sebelumnya yang beranggapan ingatan yang terbentuk dalam pikiran seseorang cenderung sulit dihilangkan.

Untuk menguji pemikiran tersebut, tim peneliti meminta 50 partisipan untuk menonton tayangan mengenai kisah-kisah emosional. Seminggu kemudian, mereka disuntik propofol dan sempat diperlihatkan tayangan serupa. Namun, saat diminta menceritakan kisah buruk yang dilihat dalam 24 jam terakhir, mayoritas partisipan tidak dapat mengingatnya.

"Efek propofol sangat selektif terhadap komponen emosional yang ada dalam pikiran manusia. Apabila ingatan tidak menyenangkan dapat diisolasi, mungkin fobia juga bisa diatasi dengan cara tersebut," ujar Bryan Strange dari Universistas Politeknik Madrid, Spanyol.(Independent/Tes/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More