Iran Banjir, Puluhan Orang Tewas

Penulis: Willy Haryono Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 07:30 WIB Internasional
Iran Banjir, Puluhan Orang Tewas

AFP/HO/FARS NEWS
Jalan-jalan di Desa Agh Ghaleh, Iran terendam banjir.

HUJAN deras yang memicu banjir melanda banyak kota dan desa di 25 provinsi di Iran, Senin (25/3). Beberapa provinsi tersebut di antaranya Fars, Golistan, Khorasan, Mazanderan, Kuzistan, Gjilan, Shiraz, dan Loristan.

Sejumlah sumber mengatakan sedikitnya 43 orang tewas akibat banjir di Iran. Namun, pemerintah Iran belum dapat memverifikasi jumlah tersebut.

Saluran televisi nasional Iran melaporkan bahwa 12 hingga 17 orang tewas dalam banjir bandang di provinsi Fars.

"Sedikitnya 12 orang tewas dan 35 terluka," kata Kepala Layanan Medis Darurat Iran, Pirhossein Kolivand, seperti dilansir dari laman Gulf News.

Provinsi terparah yang dilanda banjir adalah Golestan dan Mazanderan. Menurut saluran televisi IRINN, sedikitnya 70 desa di Golestan dan juga lebih dari 200 desa di Mazandaran tergenang banjir.

Baca juga: Guru dari Desa Terpencil di Kenya Jadi yang Terbaik di Dunia

Di Golestan, penduduk di 20 desa dievakuasi ke tempat aman. Akses menuju beberapa desa di provinsi tersebut terputus karena robohnya jembatan Selin.

Sementara di Mazandaran, sekitar 1.500 rusak terkena banjir di wilayah urban. Sekitar 30 hingga 50 persen rumah di area pedesaan Mazandaran juga rusak diterjang banjir bandang.

Banjir juga memutus jaringan listrik dan pasokan air bersih di beberapa daerah di Provinsi Golestan.

Shiraz, ibu kota dari provinsi bernama sama, juga dilanda banjir bandang yang dilaporkan menewaskan sedikitnya sebelas orang. Satu orang juga dilaporkan tewas akibat banjir di Loristan.

Badan Meteorologi Iran mengingatkan hujan deras yang berpotensi memicu banjir bandang dapat terjadi hingga Rabu (27/3) mendatang. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More