KPU Tetapkan Sembilan Panelis Debat Keempat

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Senin, 25 Mar 2019, 21:08 WIB Politik dan Hukum
KPU Tetapkan Sembilan Panelis Debat Keempat

MI/Insi Nantika Jelita
Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat mengumumkan panelis debat keempat Pilpres 2019 di Jakarta, Senin (25/3)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan sembilan penelis untuk debat keempat. Sebagian besar nama-nama tersebut berasal dari akademisi dari perguruan tinggi negeri. Debat keempat akan diselenggarakan pada Sabtu (30/3).

"Terkait dengan panelis sekarang sudah ada yang dipilih. Ada sembilan nama. Nanti kami adakan focus group discussion pada Rabu (27/3)," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Jakarta, Senin (25/3).

Saat dihubungi oleh Media Indonesia, Direktur Eksekutif Imparsial Al Araf mengatakan bahwa debat keempat bisa menjadi rujukan masyarakat Indonesia memantapkan pilihannya untuk memilih salah satu paslon pada Rabu (17/4).

"Semoga debat dapat berjalan dengan lancar dan baik dan semoga debat dapat dijadikan salah satu tolak ukur untuk publik dalam menilai capres yang akan di pilih nanti," ucapnya.

Baca juga : Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Jadi Moderator Debat Keempat

Dari sembilan nama panelis tersebut untuk isu ideologi ditunjuk Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga Zakiyuddin. Lalu ada Akademisi/pengajar fakultas teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Haryatmoko.

Untuk isu pemerintahan ditunjuk Dekan FISIP Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto lalu pengajar Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia Valina Singka Subekti dan Sekretaris Jenderal Tranparency Internatioanl Indonesia (TII)I Dadang Tri Sasongko.

Untuk isu pemerintahan dan keamanan dipilih Direktur Eksekutif Imparsial Al Araf dan Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo..

Untuk isu hubungan internasional dipilih Akademisi/Pengajar HI FISIP Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS I Basis Eko Soesil dan Akademisi/Pengajar Fisip UI Kusnanto Anggoro. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More