Minggu 24 Maret 2019, 22:55 WIB

Gol Tunggal Vietnam Benamkan Harapan Garuda Muda

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Gol Tunggal Vietnam Benamkan Harapan Garuda Muda

ANTARA FOTO/R. Rekotomo/

 

ASA tim nasional sepak bola u-23 Indoneisa untuk berlaga di Piala Asia u-23 2020 tahun depan harus pupus di tangan tuan rumah Vietnam pada laga lanjutan kualifikasi Piala Asia u-23 2020 di My Dinh Stadium, Vietnam, Minggu (23/40 malam.

Gol tunggal Tieu Viet Hung pada masa injury time babak kedua, membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tak lagi punya kesempatan untuk berlaga di Piala Asia, meski maish punya satu pertandingan sisa melawan Brunie Darussalam.

Tiket lolos langsung ke Piala Asia 2020 kini tinggal diperebutkan oleh Thailand dan Vietnam yang akan berjumpa pada laga terakhir Grup K. Juara grup akan langsung lolos ke Piala Asia, sementara runner-up harus menanti keputusan AFC yang akan menentukan runner-up terbaik yang akan lolos ke Piala Asia tahun depan.

Anak asuh Indra Sjafir yang memainkan strategi menyerang dengan mengutamakan penguasaana bola mampu meredam agresifitas tuan rumah di awal laga.

Meskipun kerap kelimpungan di wilayah pertahanan akibat terbosan dan serangan cepat Vietnam, Marinus Wanewar, Saddil Ramdani dan Egy secara bergiliran mampu mendapatkan beberapa kali kesempatan. Sayangnya itu tidak mampu mengubah skor di babak pertama.

Baca juga : Indra Rotasi Sejumlah Pemain di Laga Kedua Kualifikasi Piala Asia

Bermain tenang dan menunggu lawan lengah tidak efektif diterapkan pada laga tersebut. Umpan lambung dan panjang supaya tidak dipatahkan lini tengah Vietnam juga tak berarti apa-apa bagi skuad Garuda Muda.

Hal itu berlanjut di babak kedua, tuan rumah meningkatkan intensitas serangan sedangkan Indra Sjafri malah meninggalkan penguasaan bola dan memilih lebih instan dalam menyerang. Ketika mendapatkan bola langsung diarahkan ke ujung tombak serangan namun itu tidak membuahkan hasil.

Alih-alih berjuang merebut tiket Piala Asia dari Vietnam dengan kemungkinan terburuk lewat kesempatan runner up group, Indoensia malah tersingkir akibat gol tunggal pada perpanjangan waktu babak kedua. Bola yang berawal dari sepakan pojok sebelah kanan mampu dikonversi menjadi kemenangan lewat sundulan pemain Vietnam dengan nomor punggung 7, Tieu Viet Hung ke tiang jauh sebelah kiri dan masuk melewati garis gawang.

Pada laga lain, Thailand mencukur habis Brunei sebanyak 8 gol lewat Supachai Jaided dengan hat-tricknya pada menit ke-48, 65', 71, lalu ditambah Supachok Sarachat (21'), Suphanat Mueanta (58'), Anon Amornlerdsak (62'), Saringkan Promsupa (76'), Chotipat Poomkeaw (90+3').

Kemenangan atas Brunei menjadi modal besar Thailand untuk menekan tuan rumah yang akan berhadapan pada laga ketiga. Pertandignan terakhir itu juga menjadi pertaruhan untuk mendapatkan tiket langsung Piala Asia karena berpredikat sebagai juara grup. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More