Penyelundupan 40 Satwa Dilindungi Digagalkan

Penulis: RK/N-3 Pada: Minggu, 24 Mar 2019, 23:00 WIB Nusantara
Penyelundupan 40 Satwa Dilindungi Digagalkan

MI/Rudi Kurniawansyah

BEA Cukai Dumai bersama TNI AL, kemarin, menggagalkan upaya penyelundupan 40 satwa dilindungi yang akan diberangkatkan ke Malaysia melalui Pelabuhan Dumai, Riau. Saat ini puluhan satwa yang sebagian besar berjenis burung langka berada di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau untuk diobservasi dan identifikasi.

"40 satwa dilindungi itu dibawa lima tersangka ke Malaysia. Mereka ditangkap Bea Cukai dan TNI AL saat berada di Pelabuhan Dumai," kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono, di Pekanbaru, kemarin.

Suharyono menjelaskan, kelima tersangka yang terdiri atas empat warga asal Lampung itu ialah YA, 28, TR, 21, AN, 24, SW, 36, dan EF, 48, warga lokal dari Kabupaten Bengkalis yang menjadi penghubung. Selain itu, jaringan para tersangka diduga melibatkan sindikat internasional yang sering beraksi menyelundupkan satwa langka lewat jalur pesisir timur Riau menuju Malaysia. "Riau ini dari dulu merupakan jalur tradisional penyelundupan satwa. Kini setelah jalur udara sulit, mereka balik lagi memakai jalur lama," ungkap Suharyono.

Sebanyak 40 satwa dilindungi yang akan diselundupkan ialah 13 cenderawasih, terdiri atas tujuh cenderawasih kuning kecil (Paradisaea minor), dua cenderawasih mati kawat (Seleucidis melanoleucus), dua cenderawasih raja (Cicinnurus regius), dan dua cenderawasih botak (Cicinnurus respublica). Kemudian sebanyak 12 kakaktua raja (Probosciger aterrimus) dan tiga burung julang emas sulawesi (Aceros cassidix). Selain itu, turut disita dua ungko dan 10 burung yang masih sedang diindentifikasi.

"Kami berharap masyarakat dapat proaktif membantu dengan melaporkan aksi penyelundupan satwa dan tumbuhan dilindungi yang kian marak akhir-akhir ini ke BBKSDA Riau pada call center 081374742981," imbaunya.

Sejauh ini, sudah tiga kali kasus penyelundupan satwa dilindungi terjadi di wilayah kerja BBKSDA Riau, yakni penyelundupan 31 burung dilindungi jenis cenderawasih di Batam, Kepulauan Riau. Sekitar sebulan juga digagalkan aksi penyelundupan jenis satwa yang sama melalui pelabuhan tikus di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (RK/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More