Minggu 24 Maret 2019, 07:45 WIB

Masjid Al Noor Dibuka Kembali

Willy Haryono | Internasional
Masjid Al Noor Dibuka Kembali

AFP/WILLIAM WEST

 

MASJID Al Noor, satu dari dua masjid yang menjadi lokasi penembakan di Christchurch, pekan lalu, kembali dibuka untuk umum pada Sabtu (23/3). Masjid tersebut sempat ditutup untuk urusan penyelidikan Kepolisian Selandia Baru.

Penembakan di Masjid Al Noor dan Masjid Lindwood pada 15 Maret telah menewaskan 50 orang dan melukai puluhan lainnya.

Saat Masjid Al Noor dibuka kembali, sekitar 3.000 orang berdatangan mengikuti acara 'March for Love" yang bertujuan mengenang para korban. Banyak dari mereka berjalan kaki dalam diam dan ada beberapa membawa plakat berisi seruan damai dan menentang rasisme.

"Kami merasa kebencian telah membuat banyak kegelapan di sini," kata Manaia Butler, remaja perempuan berusia 16 tahun yang membantu menggelar acara.

"Cinta adalah obat terkuat untuk menerangi kota (Christchurch) dari kegelapan," lanjut dia, seperti disitat dari laman BBC.

Baca juga: Negeri Kiwi Bersatu dengan Cinta

Setelah investigasi tempat kejadian perkara di Masjid Al Noor selesai, masjid tersebut diserahkan kembali ke komunitas Muslim. Mayoritas korban tewas dari penembakan pekan lalu berasal dari Masjid Al Noor.

Jumat (22/3), sekelompok kecil orang diizinkan datang ke area Masjid Al Noor, dengan sekelompok polisi bersiaga di sekitarnya.

"Kami mengizinkan 15 orang masuk, agar situasi di sini kembali normal," kata Saiyad Hassen, seorang relawan, kepada kantor berita AFP.

Saat itu, dia tidak mengatakan kapan Masjid Al Noor akan dibuka sepenuhnya.

Bekas peluru di beberapa bagian Masjid Al Noor telah hilang dan dindingnya pun telah dicat ulang. Namun, karpet masjid belum sepenuhnya terpasang, yang menjadi pengingat atas apa yang terjadi pekan kemarin.

"Ini adalah tempat kami salat, tempat kami bertemu," tutur Ashif Shaikh, seseorang yang ada di masjid pada saat penembakan.

Kepolisian Selandia Baru mengatakan Masjid Lindwood, yang merupakan lokasi kedua dalam penembakan di Christchurch, juga telah kembali dibuka. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More