Sabtu 23 Maret 2019, 07:30 WIB

Jokowi Pastikan Penuntasan Rekonstruksi Gempa Lombok

Rudy Polycarpus | Nusantara
Jokowi Pastikan Penuntasan Rekonstruksi Gempa Lombok

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

 

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan pemerintah terus berupaya menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah rumah terdampak gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Saya tetap akan ke sini dan menyelesaikan program ini,” kata Presiden Jokowi saat berdialog dengan masyarakat penerima bantuan stimulan rumah rusak berat, sedang, dan ringan di Gedung Hakka, Lombok Barat, NTB, kemarin.    

Dalam dialog itu, ada peserta bernama Abdul Azis menanyakan kepada Presiden mengenai keberlanjutan program rekonstruksi dan rehabilitasi gempa di Lombok seusai Pemilu 2019.    

Kepala Negara menjelaskan dirinya akan tetap mengunjungi langsung sejumlah daerah terdampak bencana.    

Jokowi menegaskan pemerintah tidak hanya melakukan upaya rekonstruksi bencana di Lombok, tapi juga di tempat bencana lain seperti Palu, Donggala, dan Banten.   

Presiden mengatakan dua atau tiga bulan ke depan dirinya akan kembali mengunjungi Lombok untuk meninjau secara langsung progres rekonstruksi terdampak gempa.

“Kenapa saya turun ke lapangan, karena betul-betul ingin melihat masalahnya dan segera menyelesaikan. Tapi saya pastikan Rp5,1 triliun sudah di sini, paling penting itu,” tegas Presiden.    

Resmikan Pasar Badung
Setelah pagi harinya melakukan kunjungan ke Lombok, sore harinya Presiden terbang ke Bali dan tadi malam melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Di Bali, Presiden meresmikan Pasar Badung yang baru saja rampung direnovasi setelah sempat mengalami kebakaran besar tiga tahun lalu.

Presiden Jokowi menyebut Pasar Badung sebagai pasar dengan arsitektur yang paling bagus yang pernah ia lihat.

“Yang kalau dilihat dari depan ialah pasar dengan arsitektur paling bagus yang pernah saya lihat,” kata Jokowi saat peresmian Pasar Badung.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengaku dirinya agak eror.

Hal itu berawal dari saat Jokowi menyebut bahwa pasar yang diresmikannya berada di Kabupaten Badung. Ucapan Jokowi itu langsung menuai sorak-sorai dari ribuan peserta yang hadir.

Saat disoraki, Jokowi langsung perbaiki kalimatnya.

“Ini Kota Denpasar. Pasarnya namanya Pasar Badung. Saya kadang-kadang agak eror. Saya ini tiap saat berganti provinsi, berganti kabupaten, berganti kota. Tadi pagi saya di Jakarta. Lalu siangnya ke Lombok. Sorenya ke Kota Denpasar. Sampai di Denpasar, saya diuyel-uyel. Ada yang pegang di tangan, ada yang pegang di leher, jadinya saya agak-agak eror,” ujarnya. (Pol/YR/OL/X-10)

Baca Juga

Dok. DPD RI

Banyuwangi Dinilai Siap Masuk Era Kenormalan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:25 WIB
Ia memuji kesigapan dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menangani penyebaran pandemi...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Bandara YIA Kulon Progo Mulai Aktif

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:02 WIB
Maskapai yang melayani penerbangan tersebut yakni Garuda, Citilink, Lion, Sriwijaya Air, dan menyusul penerbangan lainnya seperti...
Dok. Pribadi

Petrus Uropmabin Puji Komitmen Surya Paloh untuk Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:28 WIB
Sosok Surya Paloh bagi orang Papua adalah seorang nasionalis sejati yang melihat Indonesia secara utuh dari Sabang sampai Merauke, dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya