BPBD: Korban Meninggal Banjir Bandang Jayapura 105 Jiwa

Penulis: Antara Pada: Jumat, 22 Mar 2019, 16:04 WIB Nusantara
BPBD: Korban Meninggal Banjir Bandang Jayapura 105 Jiwa

ANTARA

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mengabarkan korban meninggal dunia akibat banjir bandang di Kabupaten Jayapura, termasuk di seputar Danau Sentani per Jumat (22/3) pukul 14.00 WIT tercatat 105 jiwa.

Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi, di Jayapura, Jumat (22/3) mengatakan sedangkan untuk korban yang dilaporkan hilang yakni 94 jiwa, luka ringan 808 orang dan luka berat 107 orang.

Baca juga: Gunung Merapi Semburkan Lava Pijar Hingga 300 Meter

"Untuk korban terdampak di 12 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura tercatat 33.170 Kepala Keluarga (KK)  yakni Distrik Sentani, Sentani Barat, Sentani Timur, Waibu, Ebungfauw, Depapre, Ravenirara, Nimboran, Nimbokrang, Kemtuk Gresi dan Namblong serta Demta," katanya.

Menurut Welliam, untuk lokasi terdampak parah dengan tingkat kerusakan infrastruktur dan korban jiwa tinggi di Kabupaten Jayapura yakni Distrik Sentani (Kelurahan Hinekombe, Dobonsolo, Sentani Kota, Kampung Yahim dan Sereh), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru), Distrik Sentani Barat (Kampung Kertosari), Distrik Ravenirara (Kampung Yongsu Desoyo).

"Jumlah pengungsi yang terdata di delapan titik tercatat 11.612 jiwa dengan 2.675 KK. Data itu juga menyebutkan rumah terendam sebanyak 355 unit," ujarnya.

Dia menjelaskan kerusakan dan kerugian yang dialami masyarakat Kabupaten Jayapura terdiri dari rumah terendam, rumah pemukiman, jembatan, drainase, jalan, gereja, masjid, sekolah, ruko, pasar, roda empat dan dua yang terendam, rumah dinas hingga rumah sakit berjumlah 933 unit.

Baca juga: Masyarakat Sumsel Diminta Waspada Curah Hujan Tinggi

"Jumlah personil dan relawan tanggap bencana yang dikerahkan untuk penanganan banjir bandang di Kabupaten Jayapura mencapai 2.787 orang," katanya.

Dia menambahkan, untuk korban pengungsi dampak meningkatnya air Danau Sentani kini sudah mencapai 3.401 jiwa dengan 855 KK. (Ant/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More