MK Siap Kebut Gugatan UU Pemilu

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 22:11 WIB Politik dan Hukum
MK Siap Kebut Gugatan UU Pemilu

MI/MOHAMAD IRFAN

PERSONEL hakim konstitusi kembali lengkap dan siap untuk menangani perkara-perkara terkait pemilihan umum.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara pengucapan sumpah dua hakim konstitusi di Istana Negara, Kamis (21/3). Kedua hakim konstitusi ini adalah Aswanto dan Wahiduddin Adams yang akan menjabat untuk periode

Ketua MK Anwar Usman mengatakan, pihaknya saat ini menghadapi setidaknya dua uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Gugatan ini berkaitan dengan hak pilih warga yang akan hilang seiring aturan dalam UU Pemilu yang menyebutkan penggunaan KTP elektronik sebagai syarat memilih dan gugatan terkait hitung cepat.


Baca juga: Jokowi Minta Negara Jangan Dipimpin yang masih Coba-Coba


Anwar menegaskan penanganan perkara tersebut akan mengikuti hukum acara yang berlaku.

"Kami lalukan sesuai hukum acara yang berlaku. Karena di MK itu proses penyelesaian perkara tidak melulu bergantung pada hakim tapi juga pemohon, presiden, DPR, yang akan didengar keterangannya.

Belum lagi kalau diajukan ahli, saksi," tandasnya seusai pengucapan sumpah Aswanto dan Wahiduddin.

Terpisah juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan, posisi wakil ketua MK akan ditentukan dalam musyawarah yang diselenggarakan pada Jumat (22/3).

"Besok pagi MK akan menggelar rapat permusyawaratan hakim, untuk memilih wakil ketua. Calonnya 8 hakim konstitusi. Kalau tidak sepakat, nanti akan rapat pleno hakim secara terbuka, bisa disaksikan seperti biasa," tandas Fajar. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More