Ceko Siap Eksplorasi Kelemahan Inggris     

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Jumat, 22 Mar 2019, 03:45 WIB Sepak Bola
Ceko Siap Eksplorasi Kelemahan Inggris     

AFP

TIM nasional Inggris diprediksi tidak akan menemui kesulitan saat menghadapi Republik Ceko pada laga pertamanya di babak penyisihan Grup A Piala Eropa 2020 di Wembley Stadium, dini hari nanti WIB. Pasalnya, selain berstatus sebagai tuan rumah, the Three Lions juga banyak diperkuat pemain berbakat. 

Hal itu sudah mereka pertontonkan di Piala Dunia Rusia 2018 lalu dan UEFA Nations League A.  Di Piala Dunia 2018, skuat besutan Gareth Southgate itu lolos sampai babak semifinal. Adapun di ajang UEFA Nations League A, Inggris keluar sebagai juara Grup 4 yang juga dihuni Spanyol dan Kroasia. 

Meskipun demikian, bukan berarti Inggris tidak punya kelemah-an. Salah satu kelemahan ‘tim Tiga Singa’ ialah di lini belakang, khususnya bek tengah mereka yang dikawal Harry Maguire. Kelemahan itulah yang akan coba ­dieksplorasi Ceko dalam laga nanti. 

Diungkapkan striker Republik Ceko, Matej Vydra, ia sudah mempelajari permainan Maguire saat timnya, Burnley, menghadapi Lei-cester City di Liga Primer Inggris. Hasilnya, dia membuat palang pintu Leicester itu dikeluarkan dari pertandingan. Alhasil timnya sukses memanfaatkan situasi itu untuk memetik kemenangan.

“Lini depan mereka sangat kuat. Mereka punya (Harry) Kane, (Marcus) Rashford, (Raheem) Sterling yang tengah dalam performa tinggi. Tapi untuk pertahanan, saya tidak bilang tidak kuat, tapi tidak skuat serangan,” cetus Vydra.

“Contohnya Maguire. Kami membicarakan tentang dia di Burnley sebelum kami bermain melawan Leicester. Dalam beberapa momen tampaknya ia tidak tahu apa yang terjadi di belakang dia. Itulah mengapa ia mendapat kartu merah setelah 5 menit dalam pertandingan melawan Burnley,” imbuhnya.

Southgate amat mungkin akan menurunkan Maguire dalam laga nanti lantaran tidak bisa memain-kan John Stones yang cedera. Selain Stones, Inggris juga kehilangan bek Trent Alexander-Arnold.  

“Trent Alexander-Arnold absen dari timnas Inggris. Ia masih harus menjalani rehabilitasi di klubnya,” demikian pernyataan Federasi Sepak Bola Inggris.

Absennya beberapa bek andalan Inggris itulah yang coba dimanfaatkan tim Republik Ceko. 

Vydra mengatakan mereka be-rencana mengacaukan permainan umpan Inggris dengan mematahkannya menjadi tekel-tekel dan menghindarkan lawan menguasai bola.    

“Inggris suka menguasai bola sehingga kami harus dekat dengan mereka. Jangan takut untuk menendang mereka tiga atau empat kali, dan mereka mungkin mengubah rencana dan memainkan satu atau dua sentuhan,” tegasnya.

Faktor Ronaldo
Sementara itu, juara bertahan Portugal juga diprediksi bisa meredam perlawanan Ukraina pada Grup B di Estadio da Luz, Lisabon. Kembalinya sang kapten Cristiano Ronaldo diyakni membuat semangat Selecao das Quinas kembali membubung.

“Dia (Ronaldo) membuat tim mana pun lebih baik. Kami yakin bisa mengambil kemenangan awal,“ tegas pelatih Portugal, Fernando Santos.

Pada bagian lain, Ronaldo mengaku senang bisa kembali mengenakan seragam timnas negaranya, Portugal.

“Saya memang berniat untuk kembali ke timnas dan saya dipanggil. Tentu saya akan membantu timnas ini untuk menang. Saya begitu optimistis,” timpal  Ronaldo. (AFP/BBC/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More