Taksi Swasta Pakai Mobil Listrik Tahun Ini

Penulis: (Was/S-2) Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 00:45 WIB Otomotif
Taksi Swasta Pakai Mobil Listrik Tahun Ini

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

PEMERINTAH berencana menggunakan kendaraan listrik untuk transportasi massal pada tahun ini. Kendaraan listrik umum tersebut akan ditenagai baterai. 

"Segera (kendaraan listrik) untuk public transportation. Kendaraannya masih impor, tapi pajak belum dikenakan sehingga biayanya masih murah. Tahun ini realisasinya. Ini mulai diutamakan di Jakarta dulu," ungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika di Tokyo, Jepang, Selasa (12/3).

Menurut Putu, transportasi publik yang akan menggunakan baterai sebagai bahan energi berasal dari perusahaan taksi swasta konvensional. Mereka akan menjadi pionir dalam hal penggunaan teknologi yang disebut battery electric vehicle (BEV).

Mengingat hal itu, pemerintah saat ini memberikan insentif bagi investasi penambangan dan pengolahan bahan baku baterai itu. Insentif yang diberikan berupa tax holiday.

"Kami mendorong pengolahan mineral menjadi logam seperti nikel dan kobalt untuk dijadikan cell baterai dan baterai pack," ujar Putu. Sejumlah investor asing tengah menggali mineral tersebut di Morowali, Sulawesi Tengah. (Was/S-2)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More