Penampilan Ma’ruf Amin Dongkrak Elektabilitas

Penulis: MI Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 09:40 WIB Politik dan Hukum
Penampilan Ma’ruf Amin Dongkrak Elektabilitas

MI/ROMMY PUJIANTO

PENAMPILAN Ma'ruf Amin saat debat ketiga dinilai mendobrak elektabilitas paslon nomor urut 01. Ma'ruf Amin berhasil membuat kejutan.

"Ternyata dia (Ma'ruf Amin) mengejutkan, orang sepuh paham juga dengan infrastruktur. Orang sepuh juga bisa memahami banyak jam terbang ternyata," kata Politikus PPP Arwani Thomafi.

Salah satu penampilan Ma'ruf Amin yang paling memukau ialah pengetahuannya soal infrastruktur dan pendidikan. Masyarakat, kata Arwani, dikagetkan dengan strategi mantan Rais Aam PBNU itu.

"Untuk debat itu hanya untuk beberapa kalangan saja yang belum mengetahui kiai," ujar Arwani.

Penampilan Ma'ruf Amin saat debat diyakini mendongkrak para santri dan ulama yang belum menentukan pilihan. Bahkan, lanjut Arwani, Ma'ruf Amin berhasil menarik hati penduduk Jawa Timur.

"Penampilan Ma'ruf Amin kemarin justru mendongkrak para santri untuk memilih 01, terutama di Jawa Timur.''

Sejalan dengan Arwani, peneliti Formappi, Lucius Karus, menyebut penampilan Ma'ruf bisa menarik hati masyarakat yang belum menentukan pilihan. Lucius menyebut Ma'ruf Amin berhasil memberikan kejutan.
"

Kita kaget dengan penampilan Kiai Ma'ruf Amin yang dianggap enteng. Akhirnya masyarakat yang tidak tertarik bisa memilih pasangan 01," kata Lucius di tempat yang sama.

Lucis melihat Ma'ruf Amin berhasil dalam memaparkan idenya dalam debat. Itu, kata Lucius, yang diharapkan masyarakat. Penampilan yang seperti itu yang diharapkan masyarakat. "Paparan calon kita itu yang membuat masyarakat menonton itu," ujar Lucius.

Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin juga puas dengan performa Ma'ruf Amin. "Kami sangat puas," kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto.

TKN pun semakin optimistis menghadapi Pilpres 2019 sebab banyak respons positif terhadap performa Ma'ruf amin seusai debat, terutama di media sosial. Bahkan, banyak warganet terkejut dengan penampilan Amin yang dianggap visioner. (*/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More