Polisi Dalami Motif Teror Penembakan Utrecht

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 07:04 WIB Internasional
Polisi Dalami Motif Teror Penembakan Utrecht

JOHN THYS/AFP

PIHAK berwenang Belanda, Selasa (19/3), mengatakan mereka secara serius menyelidiki motif teroris dalam penembakan di trem di Utrecht setelah menemukan serangkaian bukti, termasuk sebuah surat di mobil milik pelaku penyerangan.

Polisi Belanda tengah menginterogasi pelaku penyerangan kelahiran Turki Gokmen Tanis, 27, dan dua pria lainnya terkait aksi penyerangan pada Senin (18/3) yang menyebabkan tiga orang tewas dan tujuh lainnya terluka.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Selasa (19/3), meletakkan karangan bunga untuk para korban di lokasi penembakan dan mengaku dirinya masih terpukul dengan insiden penembakan itu.

"Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki kemungkinan motif terorisme. Hal ini beradasarkan surat yang ditemukan di mobil pelaku serta sejumlah bukti lainnya," ujar polisi dan jaksa Belanda dalam sebuah pernyataan bersama.

Baca juga: Pelaku Penembakan Utrecht dari Turki, Ini Kata Erdogan

Polisi juga mencoret kemungkinan konflik keluarga sebagai penyebab penembakan itu karena, "Penyelidikan kami menemukan tidak ada hubungan antara pelaku dan para korban."

Ketiga korban tewas dalam aksi penembakan itu adalah seorang perempuan berusia 19 tahun asal Vianen dan dua pria berusia 28 dan 49 tahun asal Utrecht.

Polisi menangkap Tanis setelah melakukan pengejaran selama delapan jam yang menyebabkan Utrecht, kota terbesar keempat di Belanda, lumpuh. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More