Dua Bank Raksasa Jerman Siap Merger

Penulis: (AFP/Tes/I-1) Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 05:40 WIB Internasional
 Dua Bank Raksasa Jerman Siap Merger

(Photos by Daniel ROLAND / AFP)

DUA perusahaan perbankan raksasa asal Jerman, Deutsche Bank dan Commerzbank, siap melakukan merger. Langkah itu diyakini sebagai jalan untuk menjadi jawara nasional dalam industri jasa keuangan.

Pemerintah Jerman di bawah kepemimpinan Kanselir Angela Merkel mendesak kedua perusahaan untuk mengeksplorasi ikatan yang dapat menghindari tekanan pesaing asing.

Commerzbank mengungkapkan kedua belah pihak telah sepakat untuk memulai diskusi terbuka mengenai potensi merger. Apabila merger terwujud, kedua bank akan bertransformasi sebagai raksasa perbankan, mendekati bank terbesar Prancis, BNP Paribas. Kapitalisasi pasar Deutsche Bank mencapai 16,1 miliar euro, sedangkan Commerzbank sebesar 8,9 miliar euro.

"Kita harus menangkap peluang ketika itu muncul. Konsolidasi di sektor perbankan Jerman dan Eropa merupakan topik yang penting bagi kami," ujar CEO Deutsche Bank, Christian Sewing, kepada karyawannya melalui surat resmi.

"Tujuan utama kami ialah tetap menjadi bank global dengan bisnis pasar modal yang kuat," imbuhnya.

Pekan lalu, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mendapat laporan pegerakan saham kedua bank. Laporan disertai konfirmasi pembicaraan di antara perusahaan pemberi pinjaman yang meminta pemerintah berperan adil dalam negosiasi. Berbagai kritik terkait dengan kesepakatan potensial menyoroti pelemahan kinerja Deutsche Bank dan Commerzbank. Menggabungkan dua perusahaan yang tengah sakit dinilai tidak akan berdampak signifkan.

Serikat pekerja Verdi mengkhawatirkan nasib 10 ribu karyawan. Ribuan karyawan berpotensi dirumahkan sebagai upaya perluasan restrukturisasi. Kendati demikian, mengawinkan dua bank swasta terbesar Jerman tampaknya mendukung semangat baru Berlin untuk membangun kekuatan semacam itu. (AFP/Tes/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More