Selasa 19 Maret 2019, 18:06 WIB

Pemerintah Pulangkan Jenazah Wisatawan Malaysia Korban Gempa NTB

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Pemerintah Pulangkan Jenazah Wisatawan Malaysia Korban Gempa NTB

Antara/Humas Basarnas NTB

 

PEMERINTAH Indonesia memulangkan dua wisatawan asal Malaysia yang menjadi korban jiwa akibat gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua Tim Tourism Crisis Center (TCC) Kementerian Pariwisata Guntur Sakti, di Jakarta, Selasa (19/3), menyatakan pihaknya bersama pemerintah daerah NTB dan seluruh pihak terkait sudah mengupayakan kepulangan dua jenazah wisatawan asal Malaysia bernama Tai Siaw Kim, 56, dan Lim Sae Wah, 56.

Keduanya meninggal akibat longsoran di lokasi air terjun di Tiu Kelep di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

"Hari ini (Selasa 19/3) pemulangan dua jenazah wisatawan asal Malaysia dilakukan yang difasilitasi penuh oleh Pemprov NTB dan Kemenpar. Kami juga mengutus perwakilan dari Kemenpar untuk menerima keluarga korban di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng saat transit sebelum diterbangkan ke Malaysia," kata Guntur.

Baca juga : Dua Orang Meninggal di Air Terjun Tiu Kelep akibat Gempa 5,8 SR

Ia memastikan pemulangan jenazah berjalan lancar sampai ke negara asalnya. Pihaknya juga terus memantau perkembangan yang terjadi di NTB.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengapresiasi langkah cepat tanggap pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata yang terus membantu dan memberi dukungan kepada pemerintah daerah dan masyarakat di NTB.

Pascagempa melanda Minggu (17/3) lalu, Faozal memastikan saat ini kondisi di Lombok dan NTB secara umum dalam kondisi aman. Kondisi atraksi, akses, dan amenitas pariwisata pascagempa disebut tidak ada masalah berarti dan siap untuk kembali menerima wisatawan. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Didik Suhartono

Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:11 WIB
Hal tersebut dilakukan seiring dengan angka penyebaran covid-19 yang tinggi di Kota Surabaya mencapai 2.118 kasus positif, pada Selasa...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dua Menara Wisma Pademangan untuk Karantina WNI Repatriasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Sebanyak 1.848 warga diisolasi di Wisma Karantina Pademangan. Sejak dibuka untuk penanganan covid-19, sebanyak 4.175 warga repatriasi dari...
Shutterstock/Medcom.id

Di Zona Merah Siswa dan Guru Tetap Belajar Jarak Jauh

👤Aiw/X-7 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:20 WIB
Keselamatan anak-anak harus menjadi pertimbangan utama saat pemerintah hendak memgambil kebijakan menyangkut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya