Selasa 19 Maret 2019, 16:30 WIB

Ratusan Hiu di Penangkaran Karimunjawa Mati

Akhmad Safuan | Nusantara
Ratusan Hiu di Penangkaran Karimunjawa Mati

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

 

RATUSAN ikan hiu di penangkaran Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mati mendadak. Pemilik penangkaran pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Polda Jateng.

Pantauan Media Indonesia, para wisatawan yang sebelumnya bisa menikmati keindahan ikan predator jinak itu harus gigit jari lantaran ikan-ikan itu mati mendadak. Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah ikan yang mati mencapai ratusan ekor yakni ikan hiu sebanyak 110 ekor, ikan kambing lebar 20 ekor dan ikan tyger 10 ekor. Atas peristiwa ini, dua kolam penangkaran yang berukuran besar ini kosong.

Penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar merupakan satu-satunya di dunia dan menatrik lantaran hewan predator tersebut justru bersahabat dengan pengunjung.

"Rata-rata ikan yang mati itu berat mencapai 30 kilogram," kata pemilik penangkaran ikan hiu Cun Ming, Selasa (19/3).

Baca juga: Gelombang Surut, Akhirnya Pelayaran Jepara - Karimunjawa Dibuka

Selama 50 tahun menggeluti penangkaran ikan hiu, lanjut Cun Ming, baru kali ini terjadi kematian dalam jumlah cukup besar dan mendadak, sehingga muncul kecurigaan hiu-hiu itu mati bukan karena penyakit tetapi sebab lain.

"Saya langsung membawa air dan bangkai hiu itu ke laboratorium di Jepara, agar dapat diketahui penyebabnya," ujar Cun Ming.

Selain memeriksakan ke laboratorium, Cun Ming juga telah melaporkan masalah ini ke Polda Jateng, karena adanya kecurigaan bahwa kematian hiu dan jenis ikan lain di dua dari lima kolam yang ada itu akibat ulah orang jail yang tidak suka adanya penangkaran.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Triatmadja mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan pengecekan terhadap kondisi penangkaran hiu yang telah dilaporkan tersebut.

"Jika ditemukan adanya hal mencurigakan atas matinya ikan maka pengusutan dapat ditingkatkan menjadi penyelidikan," tuturnya.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More