Selasa 19 Maret 2019, 11:17 WIB

Egg Boy Sumbangkan Dana untuk Korban Christchurch

Arpan Rahman | Internasional
Egg Boy Sumbangkan Dana untuk Korban Christchurch

ABC News/Medcom
Fraser Anning dihantam sebutir telur oleh Will Connolly di Melbourne, Australia, 16 Maret 2019.

 

LAMAN penggalangan dana GoFundMe mengumpulkan lebih dari A$30 ribu (setara Rp303 juta) untuk remaja yang menyerang senator Australia Fraser Anning dengan lemparan telur, Sabtu (16/3).

Ia berencana menyumbangkan mayoritas dana yang terkumpul kepada para korban serangan teror Christchurch.

Sementara petisi terpisah di change.org yang menyerukan Senator Queensland Fraser Anning untuk dicopot dari parlemen telah mengoleksi lebih dari 1 juta tanda tangan dalam waktu kurang dari dua hari, sebuah rekor di situs itu.

Penggagas petisi, Kate Ahmad, menulis Anning "tidak memiliki tempat dalam pemerintahan negara demokratis dan multikultural kita".

Will Connolly, 17, sudah menerima curahan dukungan dari seluruh dunia setelah ia menghantam telur tepat di kepala Anning ketika politisi kontroversial itu berbicara kepada media di sebuah demonstrasi sayap kanan di Moorabbin, Melbourne.

Baca juga: Senator Australia tidak Menyesal Pukul Egg Boy

Anning kemudian menyerang dua kali dengan tangan kosong pada remaja itu, yang dijatuhkan ke lantai oleh sekelompok pendukung Senator, termasuk penjahat terpidana Neil Erickson.

Connolly, remaja Melbourne, ditangkap dan kemudian dibebaskan tanpa dakwaan. Dia telah memposting video pendek ke Twitter yang mengidentifikasi dirinya sebagai ‘Egg Boy’.

"Jangan melemparkan telur ke politisi, Anda bisa ditangani 30 preman di saat yang sama, saya belajar dengan cara yang sulit," katanya dalam video itu, seperti disiarkan dari laman Stuff, Senin 18 Maret 2019.

Dia lebih lanjut mencuit bahwa "Muslim bukan teroris dan terorisme tidak punya agama." Akunnya tampaknya telah dilenyapkan dari media sosial.

Anning mendapat kecaman pada Sabtu (16/3) setelah melontarkan pernyataan anti-Muslim dalam menanggapi serangan Christchurch yang mengerikan Jumat.

Pernyataan Anning menyalahkan serangan teror sayap kanan, yang menyebabkan 50 orang ditembak mati saat beribadah dengan tenang, pada meningkatnya imigrasi Islam.

Meskipun polisi menyebut tindakan remaja itu sebagai penyerangan, ‘Egg Boy’ dicap sebagai ‘pahlawan’ di Twitter dan pengguna dari seluruh dunia merayakan tindakannya.

"Kemarin, Australia memiliki penjahat yang diciptakannya sendiri. Hari ini, mereka mendaulat pahlawan yang pantas," kata Ammara Siddique.

"Eggboy terkasih. Saya seorang profesor filsafat di Turki. Kami sangat menghargai apa yang Anda lakukan. Saya akan membayar tiket dan 10 hari di hotel bintang 5 (di mana pun Anda inginkan di Turki). Jadilah tamu kami di Turki," kata Caner Taslaman.

Sementara di dalam negerinya, Will Connolly ditawarkan akses daftar undangan seumur hidup oleh sejumlah band termasuk Hilltop Hoods dan Violent Soho.

Perbuatannya yang berani telah menginspirasi sejumlah meme dan karya seni, termasuk yang terinspirasi oleh poster "Hope" Barack Obama oleh seniman Shepard Fairey.

Sementara itu, pengikut Instagram remaja telah melewati puncaknya, melonjak jadi lebih dari 340 ribu pengikut pada Minggu (17/3) malam.

Penggalangan dana GoFundMe melampaui batas A$#0 ribu (setara Rp303 juta) pada Minggu (17/3) malam.

"Pahlawan kami EggBoi melawan Fraser Anning, senator Queensland yang sekarang dihina di seluruh dunia atas komentar yang dibuatnya setelah penembakan di masjid Selandia Baru," bunyi deskripsi sebuah kampanye.

Dana yang terkumpul akan membantu remaja itu membayar biaya perkara dan membeli lebih banyak telur.

"Terima kasih, bocah telur karena menunjukkan bahwa pidato kebencian Senator Anning tidak boleh ditoleransi. Warga Christchurch memuji Anda," kata Rachel Brewer.

Brewer kemudian memposting pembaruan ke laman yang menunjukkan bahwa Connolly telah berkomitmen mengirim sebagian besar dana kepada para korban serangan teroris Christchurch. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More