Polsek Kebon Jeruk Tanga4 Gurandil Akhiri Hidup di Lobang Tambang

Penulis: MI Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 09:30 WIB Megapolitan
Polsek Kebon Jeruk Tanga4 Gurandil Akhiri Hidup di Lobang Tambang

ANTARA/str-JAFKHAIRI

PENAMBANGAN liar kembali menelan korban. Peristiwa terakhir terjadi di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Minggu (17/3).

Empat penambang atau yang dikenal sebagai gurandil, tewas di dalam lobang yang mereka gali di kaki Gunung Cingaleng, Desa Banyuresmi, Cigudeg. Mereka ialah Adam, Ata, Satri dan Kosim, warga se-tempat. "Adam dan kawan-kawannya itu sudah lama menjadi gurandil. Mereka terbiasa mencari emas dengan menggali lobang-lobang di kaki Gunung Cingaleng," ungkap Sobur, warga.

Dari keterangan yang dihimpun di lokasi kejadian, peristiwa nahas itu bermula saat Adam turun lebih dulu ke lobang galian. Namun, 15 menit kemudian, dia berusaha muncul ke permukaan dengan napas terengah-engah. Upaya Adam juga tidak membuahkan hasil, karena tubuhnya sudah lemas dan meluncur masuk ke lobang lagi.

Baca Juga : Pemprov Surati Polisi Tertibkan Tambang Liar

Ketiga korban lainnya tidak berpikir lama dan berturut-turut masuk ke lobang galian untuk menolong. Namun, seperti Adam, ketiganya juga mengalami nasib yang sama. "Setelah mendapat laporan dari warga, Kapolsek Cigudeg Komisaris Asep Supriadi dan sejumlah anggota meluncurkan ke lokasi," ujar juru bicara Polres Bogor AK Ita Puspita Lena, kemarin.

Di Kabupaten Bogor, wilayah Kecamatan Cigudeg dan Nanggung diketahui menyimpan potensi emas. Selain PT Aneka Tambang yang sudah mendapat hak pengelolaan di wilayah itu, sejumlah warga juga nekat menjadi penambang liar. (DD/J-3)Kasus Perampokan di Daan Mogot

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More